Sepuluh Tahun Perjalanan Hotel Discovery Ancol, Tempat Dua Taipan Tanah Air Berkongsi

Selasa, 09 Juli 2024 | 08:31 WIB   Reporter: Yuwono Triatmodjo
Sepuluh Tahun Perjalanan Hotel Discovery Ancol, Tempat Dua Taipan Tanah Air Berkongsi

ILUSTRASI. General Manager Discovery Ancol, Pandu Djojoadisoeprapto (kedua kiri) dalam acara ulang tahun ke-10 Discovery Ancol, Minggu (7/7).


ORANG KAYA / TAIPAN - JAKARTA. Akhir pekan lalu, Hotel Discovery Ancol merayakan hari jadinya yang ke-10. Menggelar serangkaian kegiatan sosial dan lingkungan bertema "Explore Memories Feel Sustainability", entiitas di bawah kendali PT Jakarta International Hotels & Development Tbk (JIHD) melalui PT Dharma Harapan Raya ini optimistis Discovery Ancol ini, kian berkembang seiring pemulihan ekonomi nasional.

"Harapan kami semoga hotel ini bisa seperti kakak-kakaknya (group-nya) seperti Hotel Borobudur Jakarta baru saja 50 tahun, Hotel Discovery Kartika Plaza 34 tahun. 10 tahun masih relatif muda, semoga bisa sampai 100 tahun ke depan," ungkap Pandu Djojoadisorprapto General Manager Hotel Discovery Ancol, Minggu (7/7) kepada awak media.

Dharma Harapan Raya anak usaha JIHD merupakan entitas yang bergerak di bidang jasa manajemen perhotelan. Sebut saja nama hotel-hotel top seperti Hotel Borobudur Jakarta, Discovery Kartika Plaza Hotel Bali dan Palace Hotel Cipanas berada di bawah kendalinya.

Sementara JIHD sendiri, merupakan kongsi bisnis antara dua konglomerat Tanah Air. Mereka adalah Sugianto Kusuma (Aguan) yang menduduki jabatan Presiden Komisaris dan Tomy Winata yang menjabat Wakil Presiden Komisaris JIHD.

Mengutip kinerja JIHD per 31 Maret 2024, pendapatan emiten ini meningkat 5,27% year on year (YoY) menjadi Rp 371,34 miliar, dari sebelumnya Rp 352,76 miliar.

Bila dirinci, usaha perhotelan JIHD mencatatkan pendapatan sebesar Rp 140,77 miliar, naik 18,94% dari periode sama tahun 2023. Sisanya bersumber dari real estat, jasa telekomunikasi, dan jasa manajemen perhotelan.

Maka tak berlebihan, jika Pandu optimistis Discovery Ancol dapat tumbuh berkembang semakin baik. Salah satu konsep ke depan yang dipersiapkan Pandu adalah menjadikan Discovery Ancol menjadi sebuah destinasi bagi anak-anak.

"Untuk mewujudkan hal itu, kami menganggarkan belanja modal antara Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar," tutur Pandu.

Aneka kegiatan

Menyambut ulang tahun ke-10, Hotel Discovery Ancol melaksanakan aneka kegiatan yang bertujuan untuk mengucap kata bersyukur serta berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan dan turut aktif untuk selalu menjaga lingkungan.

Dimulai pada 30 Mei 2024, Discovery Ancol bersama Arthakes Artha Graha Peduli mengadakan seminar edukasi pertumbuhan dan perkembangan anak serta pemeriksaan kesehatan anak di Sekolah Dasar Negeri 1 Ancol.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penanaman pohon dilingkungan sekolah, jenis pohon yang ditanam seperti pohon sukun, belimbing, matoa, dan jambu Malaika. Ke dua kegiatan ini bermaksud untuk memberikan edukasi dan kesadaran sejak dini kepada anak-anak SDN 1 Ancol akan pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan dan melestarikan lingkungan demi masa depan.

Kegiatan dilanjutkan pada Jumat, 21 Juni 2024. Dengan semangat "Berbagi Keberkahan & Kebahagiaan Jum'at Berkah", Discovery Ancol mengunjungi Masjid Al Idzhar yang terletak di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Kegiatan ini berisi aksi pemberian 100 kotak nasi beserta lauk makan siang kepada Jamaah Sholat Jumaat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Yayasan Yatim Piatu Al Fatah. Pada kunjungan kali ini Discovery Ancol mendonasikan 100 kg beras, 10 kg gula, 20liter minyak goreng dan 10 kardus mi instan. Selain itu, Discovery Ancol juga membagikan bingkisan kepada 35 anak-anak yatim piatu dan kaum duafa, serta melaksanakan acara potong kue tart ulang tahun bersama-sama anak-anak yayasan panti asuhan.

Pada tanggal 24 Juni 2024, bersama Palang Merah Indonesia, kegiatan donor darah yang diikuti tidak hanya oleh karyawan Hotel Discovery Ancol tapi juga undangan dari Artha Graha Group dan tamu hotel telah dilaksanakan.

Donor darah yang diadakan di ruang Pala Hotel Discovery Ancol dari pukul 11.00 hingga pukul 14.00 WIB ini berhasil mengumpulkan 107 kantong darah untuk di sumbangkan nantinya kepada Masyarakat yang membutuhkan melalui PMI.

Sabtu, 29 Juni 2024, Discovery Ancol menyelenggarakan acara yang bernama "Clean Up Day on Discovery Funday", sebuah acara jalan santai yang digabungkan dengan pengumpulan sampah plastik di sepanjang dermaga Marina Ancol.

Di hari yang sama, 7 Juli 2024, Discovery Ancol juga memberikan banyak penawaran- penawaran spektakuler kepada pelanggannya, mulai dari promosi Iga Bakar Signature Dishes, Whole Cake Hot Deal, hingga Sunday Brunch Buffet dengan harga sangat spesial , yakni Rp 101.010 net.

Ada promo 7/7 bagi tamu yang mau booking kamar hotel dengan potongan harga menarik, undian-undian berhadiah, Lucky Wheels bagi tamu yang menginap tanggal 7 Juli dengan hadiah voucher menginap di Discovery Ancol dan puncaknya hadiah door prize menginap di Hotel Discovery Kartika Plaza Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yuwono triatmojo

Terbaru