Serba-serbi bersin, mekanisme pertahanan tubuh yang menarik untuk diketahui

Rabu, 09 September 2020 | 12:46 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Serba-serbi bersin, mekanisme pertahanan tubuh yang menarik untuk diketahui


EDUKASI -  Saat sedang flu atau di lingkungan dingin, terkadang Anda akan bersin. Hidung akan terasa gatal hingga tubuh merespons dengan bersin.

Setelah bersin, pasti Anda akan merasa lega karena hidung terasa lebih bersih. Bersin bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dalam hidung.

Bersumber dari Healthline, bersin adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk menghalau bakteri. Saat bernafas, udara yang dihirup mengandung banyak partikel.

Partikel tersebut tidak semuanya baik dan dibutuhkan tubuh. Jika partikel tersebut adalah kotoran, maka harus segera dikeluarkan dari tubuh.

Bersin terjadi saat tubuh bereaksi pada kotoran yang masuk di hidung. Hidung akan mengirim sinyal pada otak jika ada benda asing masuk.

Baca Juga: Radang tenggorokan pada anak, begini cara mengobatinya

Otak kemudian mengirim perintah agar hidung mengeluarkan kotoran tersebut. Untuk mengeluarkannya, kita akan bersin.

Saat bersin kebanyakan orang akan menutup mata dan lidah akan menekan langit-langit mulut. Semua ini terjadi dalam hitungan detik. 

Saat bersin tubuh akan mengeluarkan sekitar 5.000 tetesan lendir. Dikutip dari BBC, bersin memiliki kecepatan hingga 100 kilometer per jam.

Proses terjadinya bersin

Debu atau kotoran yang masuk akan merangsang hidung. Hidung akan segera mengambil udara yang cukup banyak. 

Kemudian, otot pada dada akan mengencang dan tekanan akan terjadi. Di saat yang bersamaan mata akan menutup. Lidah juga akan menekan langit-langit mulut. 

Baca Juga: Ini dia komponen-komponen dalam darah, beserta fungsi masing-masing

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru