Sering salah, ini 4 cara mengolah daging bebek agar tidak amis yang ampuh

Sabtu, 18 Juli 2020 | 12:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Sering salah, ini 4 cara mengolah daging bebek agar tidak amis yang ampuh


TIPS MEMASAK - JAKARTA. Meskipun nikmat, daging bebek jarang dikonsumsi terlebih di rumah karena cara mengolahnya cukup rumit. Terlebih bau amis yang sering muncul jika salah mengolah daging unggas ini. Cara mengolah daging bebek agar tidak amis pun terkadang tidak terlalu berpengaruh, jika Anda mendapatkan resep yang kurang tepat. 

Daging bebek sudah lama dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Tetapi tidak jarang orang-orang enggan untuk mengkonsumsi bebek karena tidak suka dengan bau amis hewan unggas ini. Salah mengolah daging bebek, bisa membuat bau amis semakin kuat bahkan menutupi bumbu-bumbu yang ada di masakan bebek. Dilansir dari Sajian Sedap, berikut 4 cara mengolah daging bebek agar tidak amis yang cukup mudah dan ampuh menghilangkan aroma tidak enak si unggas. 

  • Cuci dengan jeruk

Air jeruk terbukti ampuh menghilangkan berbagai bau-bauan yang kurang sedap. Air perasan jeruk sangat efektif menghilangkan bau amis pada seafood sekaligus menambahkan rasa segar pada seafood tersebut. Cara mengolah daging bebek agar tidak amis, bisa menggunakan air jeruk nipis atau lemon. Dua jenis jeruk ini cenderung memiliki rasa asam yang kuat dibandingkan jenis jeruk lainnya. Rasa asam ini yang akan membantu menghilangkan bau amis daging bebek, juga menambah aroma segar sebelum diolah lebih lanjut.

  • Panggang diatas arang

Cara mengolah daging bebek agar tidak amis selanjutnya adalah dengan cara dipanggang diatas arang. Caranya cukup mudah, buat bara api menggunakan arang, lalu panggang bebek yang masih utuh di atasnya. Letakkan posisi bebek menggantung dengan tunggir di dekat sumber api. Jangan memanggang dengan bara yang besar, karena tujuan memanggang hanya untuk mengurangi minyak yang menyebabkan daging bebek amis.

  • Buang bagian pantat bebek

Tunggir atau pantat atau brutu, jika orang Jawa Tengah biasa menyebutnya, mengandung banyak lemak yang bisa menyebabkan bau amis pada daging bebek. Potong dan buang bagian tunggir sebelum Anda mengolah daging bebek lebih lanjut agar masakan bebek Anda tidak berbau amis. 

  • Masak dengan banyak rempah

Cara mengolah daging bebek agar tidak amis yang terakhir dengan memasaknya bersama berbagai rempah. Haluskan kunyit dan jahe. Rebus daging bebek bersama daun salam, daun jeruk, sereh dan bumbu halus hingga mendidih. Kunyit dan jahe akan menetralisir bau amis yang ada di daging bebek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru