Seru! Wisatawan bisa mengunjungi rumah Jawa primitif di Omah Pang

Selasa, 06 Oktober 2020 | 15:30 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Seru! Wisatawan bisa mengunjungi rumah Jawa primitif di Omah Pang

ILUSTRASI. Pengunjung sedang berfoto di Omah Pang. Dok: Instagram Omah Pang.


KONTAN.CO.ID - Kini, wisatawan bisa mengunjungi rumah Jawa primitif di Omah Pang. Omah Pang merupakan destinasi wisata unggulan yang berlokasi di Desa Wisata Nongkosawit, Gunungpati, Kota Semarang.

Bangunan-bangunan yang ada di destinasi ini merupakan replika rumah orang Jawa primitif yang suka berpindah tempat. Rumah ini terbuat dari kayu jati sehingga bangunannya lebih tahan lama dan memang merupakan ciri khas Jawa.

Seperti namanya, Omah Pang merupakan dua kata yang memiliki arti tersendiri. Omah berarti rumah dalam bahasa Jawa. Sedangkan, pang merupakan merupakan singkatan kata pertama dari empat kata. P berarti panggonan atau tempat, A berarti anak-anak, N berarti ngleluri atau menjaga seni budaya tradisional, dan G berarti guyup atau rukun.

Baca Juga: Saloka Theme Park, tempat wisata di Semarang yang punya banyak zona bermain

Omah Pang

Dari penamaan tersebut, Omah Pang ingin menjadi tempat untuk melestarikan seni budaya tradisional untuk anak-anak. Anak-anak yang berkunjung ke sini juga bisa memainkan mainan tradisional seperti egrang, dakon, blarak sempal, dan lainnya.

Meskipun anak-anak menjadi target pengunjung yang utama, ada banyak orang tua yang tertarik dengan keunikan Omah Pang ini. Pasalnya, mereka bisa mengenal rumah nenek moyang dan berfoto karena tempatnya cukup instagramable.

Selain itu, Omah Pang juga dekat dengan destinasi wisata lainnya seperti Curug Mahtukung dan Kali Jedug.

Selanjutnya: Seperti di Jepang, tempat wisata ini ternyata ada di Yogyakarta

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru