Serunya Berburu Oleh-Oleh Murah di Kawasan Pratunam Bangkok

Sabtu, 29 April 2023 | 09:02 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Serunya Berburu Oleh-Oleh Murah di Kawasan Pratunam Bangkok

ILUSTRASI. Suasana kawasan belanja di Pratunam, Bangkok, Thailand.


WISATA - BANGKOK. Sudah bukan rahasia lagi jika Kota Bangkok menjadi salah satu surga belanja bagi pelancong Indonesia. Ibu Kota Thailand ini menawarkan banyak tempat wisata belanja yang menawarkan barang yang bisa dijadikan buah tangan. Tentunya, dengan harga miring.

Salah satu kawasan belanja paling populer di Bangkok adalah Kawasan Pratunam. Kawasan ini berlokasi di sub-distrik Thanon Phaya Thai, distrik Ratchathewi, Bangkok. Pratunam merupakan salah satu kantong turis, yang banyak menawarkan penginapan dengan harga murah.

Di Pratunam, terdapat salah satu pasar malam (night market) terkenal di Bangkok, yakni Pratunam Night Market. Kebanyakan barang yang dijual di Pratunam Night adalah sandang, seperti pakaian, celana, sepatu, topi, jam tangan, perhiasan, syal, pakaian dalam. Ada juga yang menjual kosmetik, bulu mata palsu, hingga tas imitasi merek-merek terkenal.

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Thailand, Pratunam adalah tempat yang tepat. Pasar malam ini menjual oleh-oleh khas Thailand, seperti kaos bergambar Gajah dan bertuliskan Thailand, celana kulot, kemeja dengan motif Gajah, daster, pouch,  gantungan kunci, magnet kulkas, hingga goodie bag.

Baca Juga: Per Februari, Indonesia Jadi Salah Satu Negara Tujuan Grup Wisata dari China

Barang dijual dengan harga beragam. Untuk kaos misalnya, dibanderol mulai dari 100 baht hingga 200 baht, tergantung ukuran dan kualitas bahan. Jika dirupiahkan, kaos ini seharga Rp 45.000 sampai Rp 90.000 dengan asumsi 1 Baht Thailand setara dengan Rp 450.Untuk orang dewasa, ukuran kaos yang dijual bervariasi, yang terkecil adalah S dan yang paling besar adalah 2XL.

Pun begitu dengan daster, yang dijual dengan rentang 200 baht hingga 300 baht, tergantung jenis bahan, motif, hingga ukuran. Sementara untuk pouch biasanya dijual dengan paketan alias bundling, dimana tiga buah pouch dijual rata-rata di harga 100 baht.  Untuk gantungan kunci dijual dengan harga 100 baht untuk 3 buah, Pun sama dengan magnet kulkas. Tentunya harga ini masih bisa ditawar.

Selain pasar malam, di Pratunam juga berdiri mall-mall yang menjual pakaian dengan segmentasi menengah, di antaranya Palladium Mall, Platinum Mall, hingga December’s Studio. Untuk December’s Studio sendiri hanya menyediakan pakaian untuk wanita.

Namun perlu dicatat, kebanyakan mall di Kota Bangkok tutup pukul 19.00, termasuk mall di Pratunam. Jadi, pastikan datang sebelum pukul 19.00 apabila ingin memaksimalkan pengalaman belanja.

Baca Juga: Wisatawan Asing yang Melancong ke Thailand Harus Bayar Rp 138.000 Mulai Juni 2023

Puas berkeliling dan belanja, pelancong bisa mampir ke street food yang terletak di depan Mall Palladium. Penjual di sini menyajikan sejumlah makanan khas Thailand seperti aneka bakaran seafood, nasi goreng Thai, hingga Pad Thai. Harga bervariasi, dengan rentang 40 baht hingga 200 baht.

Bagi wisatawan muslim, tak perlu khawatir, karena mayoritas jajanan yang dijual di sini adalah makanan halal. Pratunam juga cukup gampang diakses dengan transportasi umum karena dihubungkan dengan satu halte bus, yakni Pantip Pratunam. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan taksi hingga ojek daring untuk menuju kawasan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru