HOME

Setelah libur Lebaran, begini tips merawat kabin mobil

Senin, 17 Mei 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Setelah libur Lebaran, begini tips merawat kabin mobil

KONTAN.CO.ID - Setelah Lebaran, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah merawat kabin mobil. Terutama, mengingat wabah Covid-19 masih ada dan pemilik kendaraan wajib menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, termasuk kabin mobil. 

Untuk itu, Auto2000, diler terbesar Toyota, memberikan tips merawat kabin mobil setelah libur Lebaran. Dikutip dari keterangan resmi Auto2000, berikut tips merawat kabin mobil setelah libur Lebaran: 

1. Cuci mobil hingga bersih

Tips merawat kabin mobil yang pertama adalah mencuci mobil, baik eksterior termasuk kolong mobil, ruang mesin, kabin, hingga bagasi.

Kabin menjadi salah satu yang menjadi prioritas. Untuk itu, keluarkan seluruh karpet, cuci dengan sabun pembersih dan keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan bau tidak sedap.

Baca Juga: Harga mobil bekas Suzuki APV Arena generasi ini dari Rp 70 juta per Mei 2021

2. Manfaatkan penyedot debu

Gunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran halus yang menempel di dalam kabin. Mulai dari area dashboard, panel pintu, jok, hingga kolong jok dan lantai jangan sampai terlewatkan. 

Lanjut masuk ke bagasi mobil, termasuk rongga penyimpanan ban cadangan yang ada di bawah bagasi. Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

3. Bersihkan dengan cairan pembersih

Selanjutnya, tips merawat kabin mobil yakni membersihkan panel pada kabin mobil menggunakan cairan pembersih khusus otomotif. Secara garis besar, material interior mobil berasal dari fabric, plastik, vinyl, kulit asli dan sintetis, kayu, serta logam. 

Sesuaikan bahan pembersih yang dipakai dengan material kabin dan pelajari cara memakainya supaya tidak merusak panel interior.

Baca Juga: Harga mobil bekas Toyota Agya tahun muda tak sampai Rp 100 juta per Mei 2021

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru