Si imut mewah yang kian menggoda

Kamis, 02 Februari 2012 | 09:33 WIB Sumber: Harian KONTAN, 2 Februari 2012
Si imut mewah yang kian menggoda

ILUSTRASI. Harga nikel diprediksi solid, simak rekomendasi saham Aneka Tambang (ANTM).


Mobil mini premium memang bisa memancing perhatian. Selain lincah bermanuver, si mungil nan mewah biasanya memiliki desain unik yang memanjakan mata. Tak heran, peminatnya terus meningkat.

BMW Group Indonesia, agen tunggal pemegang merek Mini di Indonesia, tak mau membuang kesempatan itu. Jumat (27/1) pekan lalu, produsen mobil asal Jerman itu meluncurkan varian terbaru Mini: Mini Countryman. Mobil mungil ini hadir dalam dua tipe, yakni Mini Cooper Countryman dan Mini Cooper S Countryman.

Mini Countryman merupakan model pertama Mini dengan empat pintu dan tutup bagasi yang dapat dibuka lebar. Berpadu dengan kendaraan sports activity vehicle, mobil mungil ini punya ground clearance dan posisi tempat duduk lebih tinggi. "Model ini memiliki ruang interior lebih lega dan lebih fungsional yang bakal menarik peminat baru di Indonesia," kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Helena Abidin, Corporate Communication Director BMW Group Indonesia, menambahkan, meski belum genap seminggu melaju, animo masyarakat terhadap varian Mini baru itu cukup besar. Sayang, saat ini, dia belum bisa memastikan berapa jumlah pesanan yang sudah masuk.

Namun, Helena yakin, pasar bakal menerima dengan baik Mini Countryman. Cuma, ia enggan menyebut target penjualan dua tipe baru Mini itu di tahun ini. "Target, sih, sebanyak-banyaknya," ujar Helena.

Rilis varian baru lagi

BMW Group Indonesia tampaknya benar-benar tak mau membuang peluang. Tahun ini, mereka bakal membanjiri pasar mobil mungil di Tanah Air dengan varian Mini yang lain. Setelah Mini Countryman, produsen mobil mewah ini akan menghadirkan varian Mini Coupe dan Mini Roadster pada kuartal pertama 2012.

Di semester kedua mendatang, BMW juga berencana merilis Mini Countyman John Cooper Works. "Kami juga akan meluncurkan empat Mini Special Editions di Indonesia dengan jumlah terbatas di seluruh dunia," papar Helena.

Rencana BMW Group Indonesia yang cukup agresif itu tentu bisa dimaklumi. Sebab, respon konsumen terhadap mobil Mini memang memuaskan manajemen perusahaan ini.

Info saja, merek Mini baru diperkenalkan di negara kita pada Juli 2011 lalu. Dalam waktu setengah tahun, jumlah pesanan mobil ini telah mencapai 130 unit. Hanya, lantaran permintaan yang cukup tinggi di dunia, hanya ada 37 unit yang bisa dikirimkan ke pelanggan sepanjang dua bulan terakhir tahun lalu. "Sebagian besar pesanan baru akan dipenuhi awal tahun 2012 ini," tutur Helena.

Mobil mungil lain yang tak kalah memikat adalah Smart Fortwo. Kendaraan dengan desain unik untuk dua penumpang ini mulai dilempar ke pasar oleh Mercedes-Benz Indonesia sejak akhir tahun 2010 lalu.

Deputy Director Sales & Marketing Smart Mercedes Benz Indonesia Dhani M. Yahya mengatakan, walau terbilang baru, www cukup sukses menuai respon masyarakat. Sepanjang tahun 2011 lalu, mobil imut ini terjual hingga 300 unit. "Tahun ini, kami menargetkan volume penjualan bisa sebanyak tahun lalu," ujarnya.

Mobil premium lain yang bermain di segmen mobil mungil adalah Audi A1 dan VW Up. Sayang, Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Audi dan VW di Indonesia, tampaknya belum akan memasarkan kedua mobil tersebut dalam waktu dekat.

Herry Noverino, Marketing & Public Relation Garuda Mataram Motor mengakui, permintaan konsumen Indonesia atas kedua mobil mungil itu cukup banyak. Saat ini, perusahaannya masih dalam tahap kajian untuk memasarkan Audi A1 dan VW Up. "Yang jelas, tidak akan diluncurkan tahun ini," tegas Herry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari
Terbaru