Siap lawan dominasi Apple, mobil listrik Xiaomi bakal segera diproduksi

Kamis, 25 Maret 2021 | 11:52 WIB Sumber: Autoevolution
Siap lawan dominasi Apple, mobil listrik Xiaomi bakal segera diproduksi

ILUSTRASI. Siap lawan dominasi Apple, mobil listrik Xiaomi bakal segera diproduksi (Lei Jun, CEO Xiaomi). REUTERS/Jason Lee


MOBIL LISTRIK - BEIJING. Rumor Xiaomi akan merancang dan memproduksi mobil listrik beredar. Rencana ini dinilai akan memperketat persaingan mobil listrik Apple dan Tesla untuk beberapa tahun mendatang.

Mengutip dari Autoevolution, Xiaomi tengah gencar dalam penjualannya di pasar smartphone sedang meningkat. Raksasa teknologi tersebut dikabarkan berencana membangun mobil listrik yang akan bersaing dengan Apple Car dan Tesla.

Sebuah laporan dari media lokal mengindikasikan bahwa CEO Xiaomi, Lei Jun akan terlibat dalam proyek mobil listrik tersebut. Saat ini, Xiaomi tidak hanya membangun mobil listrik dengan harga yang terjangkau namun juga dalam pengembangan teknologi.

Diprediksi, perusahaan Xiaomi ingin merebut pangsa pasar tetapi untuk fokus pada pasar kelas atas mobil listrik.

Baca Juga: Apple dikabarkan gandeng Hyundai untuk produksi Apple Car

Siap lawan dominasi Apple, mobil listrik Xiaomi bakal segera diproduksi

Rencana ini mengejutkan sebagian pihak karena tujuan Xiaomi adalah untuk bersaing dengan Apple dalam jangka panjang. Hal ini melihat semua produk Apple hadir dengan label harga premium, yang kemungkinan besar juga akan terjadi pada Apple Car yang akan datang.

Xiaomi ingin mobil listrik produksinya bersinar dalam perihal teknologi, sehingga akan mengintegrasikan banyak inovasi yang ada.

Di sisi lain, Apple mengalami kesulitan menemukan eksekutor untuk untuk membangun mobil listrik. Xiaomi dapat beralih ke produsen mobil lokal yang lebih dari bersedia membantu proyek tersebut, mengingat rencana ambisius perusahaan yang melibatkan pasar internasional.

Baca Juga: Gugatan Xiaomi Dikabulkan, Perusahaan China Lain Berniat Gugat Larangan Trump

Melansir laporan dari Autoevolution menyebutkan bahwa pejabat Xiaomi telah bertemu dengan beberapa petinggi produsen mesin dan mobil di China. Pihak tersebut antara lain perwakilan NIO, dan produsen mobil lokal BYD untuk terlibat dalam proyek mobil listrik.

Jika pembicaraan berjalan sesuai rencana dan kesepakatan tercapai, maka pengerjaan proyek mobil listrik diklaim dapat dimulai bulan ini atau pada bulan April. Diprediksi, Xiaomi bisa membawa mobil listrik ke pasar internasional pada waktu yang hampir bersamaan dengan Apple.

Sementara produsen iPhone sejauh ini masih bungkam soal proyek mobil listrik terbaru. Proyek Apple Car diklaim secara resmi paling cepat akan selesai tahun 2024.

Selanjutnya: Tak diduga, mobil listrik ini terlaris melampaui Tesla Model 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru