Film

Sidang pelecehan seksual bongkar tabir aksi tak senonoh Harvey Weinstein

Jumat, 07 Februari 2020 | 00:42 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Sidang pelecehan seksual bongkar tabir aksi tak senonoh Harvey Weinstein

ILUSTRASI. Produser film Harvey Weinstein tiba di New York Criminal Court. REUTERS/Jeenah Moon

KONTAN.CO.ID -LOS ANGELES.  Sidang kasus pelecehan seksual yang melibat produser besar Hollywood Harvey Weinstein, Rabu (5/6) membuka satu tabir kasus pelecehan di jagad perfilman Hollywood yang sejatinya sudah terendus sejak lama.   

Salah seorang korban, yakni seorang model muda Lauren Marie Young, model mengaku menjadi korban pelecehan seksual Harvey  Weinstein.  Produsen sejumlah film seperti: Sex, Lies and Videotape (1989), The Crying Games (1992). Pulp Fiction (1994), Flirting with Disaster (1996) sampai Shakespeare In Love (1998) ini melakukan tidakan tak senonoh ke Young.

Dalam persidangan terungkap kalau Weinstein dengan sengaja melakukan masturbasi di depan dirinya di sebuah kamar mandi hotel pada tahun 2013, setelah keduanya bertemu untuk awalnya untuk  membahas skrip yang Lauren tulis.

"Tubuhnya berbulu, ada tahi lalat di kulitnya, kemaluan tampak menjijikkan, seperti habis disunat lalu disambung lagi, bukan sesuatu yang normal," kata Young.

Young mengaku, Weinstein awalnya mengundang dirinya ke kamarnya di Montage Beverly Hills pada tanggal 19 Februari 2013. Ini kali kedua, mereka bertemu, setelah sebelumnya keduanya bertemu untuk membahas bisnis di bar lobi.

Ketika datang ke kamar Weinstein, Young sejatinya ditemani rekan Harvey, Claudia Salinas.
"Begitu saya masuk ke kamar mandi, ada sebuah kaca di depan saya dan saya bisa melihat di belakang saya, dan Claudia menutup pintu," kata Young.

Setelah itu, Weinstein mencopot baju, telanjang  dan membilas dirinya di bawah kucuran air. "Saya berdiri di sana kaget, tertawa, menggelengkan kepala saya dan saya pergi ke pintu, tapi ia menghalangi saya pintu di belakang saya," kata Young. Ia merasa syok dan terjebak.

Weinstein tahu Young terkejut dan berkata dengan suara tenang.  "Kita hanya akan berbicara," ujar Young menceritakan tindakan tak senonoh itu. Lantas,  produser film ini yang sudah  telanjang masturbasi dan meraba-raba tubuhnya.

Young mengatakan, saat itu,dia  mengenakan gaun putih berenda dengan slip di bawahnya. Weinstein lantas menariknya dari atas, memperlihatkan dadanya dan membatasi mobilitas lengannya.  Aku berkata: 'Tidak, tidak, tidak!' Dan dia hanya melakukan percakapan normal mengatakan, 'Ini yang dilakukan semua aktris,' "katanya.

Young adalah saksi ke enam yang mengaku telah mendapatkan pelecehan seksual oleh Harvey Weinstein.  

Pelecehan seksual yang dilakukan Harvey Weinstein dilaporkan The New York Times da The New Yorker sejak Oktober 2017. Ada puluhan puluhan wanita menuduh Weinstein melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan.

Beberapa artis yang secara terang-terangnya menyebut mengalami pelemahan seksual antara lain: Gwyneth Paltrowyang tahun 1997 menyinggung perilaku buruk Weinstein secara terang . Courtney Lovejuga  sempat memperingatkan aktris muda atas perilaku Weinstein, termasuk pengakuan Angelina Jolie yang pernah mendapatkan pelecehan seksual dari Wienstein.

Weinstein membantah tunduhan-tuduhan itu. Namun, ia kini menghadapi lima tuntutan aksi pelecehan seksual, termasuk dua gugatan predator pelecehan seksual dan dua gugatan pemerkosaan dan satu gugatan tindakan kriminal seksual.


Editor: Titis Nurdiana

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Tag
Terbaru