Simak 5 Cara Memantau Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah secara Online

Senin, 11 Maret 2024 | 04:03 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Simak 5 Cara Memantau Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah secara Online

ILUSTRASI. Cara Memantau Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah secara Online


IBADAH PUASA - JAKARTA. Simak panduan mengecek jadwal imsakiyah dan buka puasa secara online di bulan Ramadan

Imsakiyah merupakan jadwal yang berisi informasi waktu untuk memulai dan berbuka puasa selama bulan Ramadan. Jadwal ini dibuat berdasarkan perhitungan waktu imsak dan waktu berbuka puasa yang dianjurkan dalam Islam.

Imsak menjadi waktu terakhir untuk makan dan minum sebelum memulai puasa. Biasanya mengikuti waktu sholat subuh di setiap daerah.

Sedangkan, untuk waktu Buka Puasa menunjukkan untuk seseorang berhenti berpuasa dan mulai makan dan minum kembali. Biasanya mengikuti waktu adzan Maghrib di setiap daerah.

Jadwal imsakiyah sangat penting bagi umat Muslim untuk mengatur waktu dan persiapan dalam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Nah, Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas dan layanan resmi secara online untuk mengecek jadwal imsakiyah.

Baca Juga: Cek 5 Pola Makan Sehat untuk Penderita GERD saat Puasa

Quran Digital

Simak beberapa informasi terkait aplikasi yang bisa membantu dalam pencarian jadwal buka puasa dan imsakiyah.

1. Aplikasi Muslim Pro

Pertama, langkah awal dalam memeriksa jadwal buka puasa dan imsakiyah adalah melalui Aplikasi Muslim Pri. Anda dapat menemukan Aplikasi Muslim di kedua platform, baik di Play Store maupun App Store.

Setelah diunduh, buka aplikasi tersebut dan atur lokasi Anda untuk mendapatkan jadwal imsakiyah dan buka puasa yang tepat.  Kemudian pengaturan selesai, konfirmasikan pilihan Anda, dan jadwal akan tersedia untuk dilihat.

Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan informasi lengkap tentang waktu sholat, arah kiblat, dan berbagai informasi terkait ibadah lainnya.

2. Website Kementerian Agama RI

Alternatif lain untuk mendapatkan jadwal imsakiyah adalah melalui website resmi Kementerian Agama RI. Anda bisa mengunjungi laman dari Kementerian Agama RI pada https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah, Anda dapat memilih menu Jadwal Imsakiyah.

Kemudian, cari provinsi dan kabupaten/kota tempat tinggal Anda, dan pilih tahun yang diinginkan.

Setelah proses pencarian selesai, jadwal imsakiyah akan ditampilkan sesuai dengan lokasi yang Anda pilih. Pengguna juga memiliki opsi untuk mengunduh jadwal dalam format Excel.

3. Aplikasi Muslim Pro

Untuk memeriksa jadwal imsakiyah dan buka puasa, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Muslim Pro. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan informasi tentang waktu sholat dan arah kiblat, tetapi juga menyertakan jadwal imsakiyah.

Fitur tambahan berupa Al-Quran digital dan panduan doa juga tersedia. Aplikasi Muslim Pro dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.

4. Website Jadwal Sholat Org

Langkah lain untuk memeriksa jadwal imsakiyah dan buka puasa adalah melalui website Jadwal Sholat Org. Situs ini menyajikan informasi lengkap tentang jadwal imsakiyah, waktu sholat, dan berita terkait Islam. Anda dapat mengaksesnya di laman https://www.jadwalsholat.org/.

5. Aplikasi Muslim Muna

Terakhir, penggunaan aplikasi Muslim Muna juga merupakan alternatif untuk memeriksa jadwal imsakiyah, waktu sholat, dan arah kiblat. Aplikasi ini juga tersedia di Play Store dan App Store.

Itulah petunjuk mudah untuk mengecek jadwal imsakiyah dan buka puasa secara online di bulan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru