Simak 6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Menjalankan Puasa

Senin, 04 April 2022 | 10:24 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak 6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Menjalankan Puasa

ILUSTRASI. Manfaat mengkonsumsi madu saat menjalankan puasa.


KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi madu sangat bermanfaat bagi kesehatan khususnya saat menjalankan puasa. Pasalnya, Madu merupakan salah satu makanan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Saat menjalankan puasa, tubuh juga membutuhkan nutrisi lebih. Untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi madu adalah alternatif yang bisa Anda coba agar nutrisi tetap tercukupi dan dapat menahan rasa lapar sepanjang hari.

Melansir dari Crimson, ada beberapa manfaat mengkonsumsi madu saat menjalankan puasa yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Simak! 7 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa dan Sahur

1. Mengandung Banyak Nutrisi 

Madu murni asli mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya seperti gula alami, fitonutrien, mineral, enzim, dan vitamin dan juga mengandung beberapa sifat antibiotik dan antiseptik yang bermanfaat bagi tubuh kita. 

2. Menjaga Cairan dalam Tubuh

Minum air madu saat perut kosong setelah seharian berpuasa bermanfaat untuk  membantu hidrasi atau menjaga cairan tubuh, mengembalikan nutrisi penting serta membantu merasa berenergi setelah seharian menahan rasa lapar dan beraktivitas. 

3. Memberikan Energi 

Mengkonsumsi madu saat akan berpuasa dapat menambah energi. Pasalnya, Glukosa dalam madu alami diserap lebih cepat daripada gula lainnya dan dengan demikian memberikan dorongan energi yang cepat.

Baca Juga: 10 Manfaat Mengkonsumsi Brokoli Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

4. Baik untuk Kesehatan Hati

Selain menambah energi, mengkonsumsi madu saat puasa juga baik untuk kesehatan hati. Hati melakukan sebagian besar perbaikan metabolisme di malam hari dan hati yang terkuras akan kehabisan glikogen di beberapa titik di malam hari dan mungkin mulai memproduksi hormon stres, membuat Anda bangun dengan lelah, jadi disarankan untuk mengonsumsi sesendok madu supaya membuat tubuh lebih segar saat puasa.

5. Membantu Pencernaan

Madu memiliki manfaat antiinflamasi dan membantu pencernaan. Mengkonsumsi sesendok madu alami dan murni dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Beberapa orang mengalami kembung dan perubahan usus saat berpuasa, madu murni dan alami dapat membantu menenangkan pencernaan dan memudahkan proses eliminasi.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Puasa dapat mempengaruhi kualitas tidur. Minum air madu sebelum tidur bermanfaat membantu kualitas tidur, perbaikan tubuh, dan pemulihan. Madu alami membantu otak melepaskan hormon tidur melatonin yang membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru