Simak 7 Fakta Menarik Seputar Piala Dunia 2022 Qatar, Apa Saja?

Rabu, 10 Agustus 2022 | 05:18 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak 7 Fakta Menarik Seputar Piala Dunia 2022 Qatar, Apa Saja?

ILUSTRASI. Khalifa International Stadium salah satu venue stadion Piala Dunia 2022 Qatar.


PIALA DUNIA 2022 - Piala Dunia 2022 Qatar dijadwalkan akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember mendatang. Ada beberapa fakta menarik seputar Piala Dunia 2022 Qatar yang perlu Anda ketahui.

Sebanyak 22 tim dari berbagai benua yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Selain itu, banyak juga para pemain bintang yang memperkuat negaranya dan menjadi sorotan warganet.

Piala Dunia 2022 Qatar ini adalah kompetisi sepak bola terbesar dunia yang diadakan empat tahun sekali.

Baca Juga: 6 Buah Penurun Kolesterol yang Perlu Dicoba Pengidap Kolesterol Tinggi, Catat!

Menariknya, Piala Dunia 2022 Qatar tahun ini merupakan piala dunia edisi ke-22. Selain itu, ada banyak faktor yang membuat Piala Dunia 2022 Qatar menjadi tontonan unik yang dinanti-nantikan. 

Melansir dari The Daily Star, berikut beberapa fakta menarik seputar Piala Dunia 2022 Qatar, di antaranya:

Piala Dunia Musim Dingin Pertama

Salah satu fakta menarik seputar Piala Dunia 2022 Qatar adalah piala dunia musim dingin pertama. Hal tersebut jika dilihat dari belahan bumi bagian utara.

Selain itu, Qatar merupakan negara yang terletak di Timur Tengah yang mempunyai suhu cukup tinggi hingga bisa mencapai 50 derajat celcius di musim panas. Oleh sebab itu, Piala Dunia 2022 Qatar dipindahkan dari slot musim panas seperti biasanya.

Piala Dunia Termahal

Fakta menarik seputar Piala Dunia 2022 Qatar lainnya adalah jumlah pengeluaran yang digunakan tuan rumah menjadi salah satu yang termahal. Pasalnya, Qatar menghabiskan kurang lebih 200 miliar dolar untuk kebutuhan Piala Dunia 2022 untuk infrastruktur seperti stadion, jalan raya, hotel dan lain sebagainya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: 10 Timnas dengan Raihan Poin Tertinggi Versi FIFA

Stadion Paling Sedikit

Menariknya lagi, Piala Dunia 2022 Qatar menjadi salah satu tuan rumah yang menyediakan stadion paling sedikit. Hanya delapan stadion yang disiapkan oleh Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia yang merupakan jumlah venue terendah untuk Piala Dunia dalam beberapa tahun terakhir. 

Faktanya, dari delapan tempat yang dipilih untuk menjadi tuan rumah turnamen, hanya satu yang diubah sepenuhnya sementara tujuh sedang dibangun di negara tersebut.

Pada tahun 1978, Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA dengan hanya enam stadion dan sekarang Qatar akan menjadi tuan rumah kompetisi dengan hanya delapan stadion.

Jumlah Pengunjung

Salah satu fakta yang paling menarik adalah jumlah pengunjung yang diperkirakan akan tiba di Qatar selama pertandingan berlangsung. Piala Dunia 2022 Qatar mungkin akan menerima rekor jumlah pengunjung pada saat turnamen berakhir.

Pasalnya, Qatar menjadi salah satu negara terbaik di Timur Tengah, lokasi geografis Qatar yang nyaman membuatnya terletak dekat dengan sebagian besar negara sehingga membuat pengunjung bisa datang ke Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Ada Manchester City VS Bournemouth di Pekan Ke-2

Mudah Berpergian

Qatar adalah negara yang relatif kecil. Bahkan, jauh lebih kecil dari tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia. Karena ukuran negara ini sangat kecil, memudahkan bagi turis mengunjungi beberapa tempat di Qatar.

Fakta menarik lainnya adalah dua stadion paling terpencil di Qatar Al Bayt dan Al Wakrah hanya berjarak 90 mil.

Stadion Ber-AC

Ada fakta menarik lain tentang Piala Dunia 2022 Qatar. Seperti yang sudah diketahui Qatar mempunyai suhu yang relatif tinggi di siang hari meski pada musim dingin.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Qatar memberikan solusi berani untuk pertama kalinya sebuah negara akan menjadi tuan rumah piala dunia dengan stadion ber-AC.

Kedelapan stadion atau venue Piala Dunia 2022 Qatar akan sepenuhnya ber-AC. Hal tersebut akan memberikan pengalaman menonton yang nyaman bagi para penggemar sambil membuat kondisi cukup baik bagi para pemain untuk tampil di lapangan.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Pekan 2 Ada Arsenal VS Leicester, Catat Jam Tayangnya

Negara Asia Kedua

Qatar tidak hanya akan menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, tetapi juga akan menjadi negara kedua di Asia. Setelah Jepang dan Korea menjadi negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah piala dunia tahun 2002.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru