Kuliner

Simak Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Minggu, 11 Juli 2021 | 20:15 WIB   Reporter: Raissa Yulianti
Simak Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Menjaga Imunitas Tubuh

KONTAN.CO.ID - Di masa pandemi Covid-19 ini Moms mungkin tahu bahwa mengonsumsi vitamin atau suplemen adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Sayangnya, kerap kali sebagian orang abai mengenai apa yang dikonsumsinya.

Mengonsumsi makanan sehat sebetulnya wajib untuk kita lakukan. Hal ini berkaitan dengan nutrisi serta vitamin dan mineral yang terkandung dari apa yang kita konsumsi. Jika yang dikonsumsi adalah makanan bergizi, maka tubuh akan terpenuhi oleh gizi yang cukup serta imunitas tubuh akan meningkat.

Kandungan gizi dalam makanan kerap kali diabaikan hanya karena makanan tersebut rasanya enak dan terlihat menggiurkan. Namun, perlu kamu ketahui nih Moms, makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh Moms sendiri juga untuk keluarga agar imunitas tubuh tetap terjaga di masa pandemi ini.

Dikutip dari P2PTM Kemenkes RI, MomsMoney telah merangkum beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi di masa pandemi Covid-19. Berikut rangkumannya:

Makanan pokok

Terkadang jika berat badan sedang berlebih, maka dengan sendirinya kita akan mengurangi konsumsi makanan seperti nasi ataupun roti.

Namun hal seperti itu sebetulnya salah besar. Mengutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, Moms setidaknya perlu mengonsumsi 150 gram nasi putih sebagai pedoman gizi seimbang menurut Permenkes No 41 tahun 2014.

Baca Juga: 3 Daftar Variety Show Korea yang Paling Ditunggu dan Bisa Kamu Tonton di Viu

Tapi jika Moms kurang suka nasi putih, Moms bisa menggantinya dengan makanan pokok yang lebih sehat seperti nasi merah ataupun ubi/kentang jika suka.

Intinya, makanan pokok adalah salah satu penunjang imunitas karena termasuk ke dalam salah satu makanan wajib pada pedoman gizi seimbang. 

Jangan meniadakan makanan pokok jika ingin diet. Cukup kurangi saja takarannya, maka diet akan tetap berhasil jika dibarengi dengan olahraga teratur.

Kurangi makanan tak bergizi

Menurut Sepuluh Pedoman Gizi Seimbang dari P2PTM Kemenkes RI, kamu harus mulai mengurangi pengonsumsian makanan tidak bergizi seperti makanan asin, pedas, dan berlemak.

Makanan-makanan tersebut memanglah enak. Namun perlu diingat bahwa jika dikonsumsi berlebihan tetap akan tidak baik bagi tubuh dan bisa saja menimbulkan berbagai macam penyakit di kemudian hari, seperti kolestrol, dll.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Makan Beras Mentah, Moms Wajib Tahu Alasannya!

Kementrian Kesehatan dalam sehatnegeriku.kemkes.go.id menyarankan agar pengonsumsian gula, garam, dan lemak menjadi 3 kriteria, berikut:

  • Gula tidak lebih dari 50 gram/setara 4 sdm
  • Garam tidak lebih dari 2000 mg natrium atau sodium/5 gr yang setara 1 sendok teh
  • Lemak 67 gr/setara 5 sendok makan minyak

Makan buah dan sayur

Buah dan sayur memiliki aneka ragam vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh.

Untuk itu, perlu setidaknya mengonsumsi buah-buahan ataupun sayuran sebanyak 1 jenis setiap harinya.

Alangkah lebih baik jika Moms mengonsumsi beraneka macam buah dan sayur dalam satu hari, Karena akan membuat tubuh semakin sehat dan kebat terhadap berbagai macam penyakit.

Kewajiban minum air putih

Kamu perlu mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perhari. Hal ini dilakukan agar tubuhmu tidak dehidrasi akibat kekurangan air.

Tubuh yang dehidrasi akan menyebabkan berbagai macam penyakit, dimulai dari kulit kering, pusing, lemas, rambut rontok, hingga gagal ginjal.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, Ini Caranya

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan, maka Moms perlu ingat untuk selalu minum air putih. 

Kurangi konsumsi minimal bersoda, kafein, ataupun minuman yang manis-manis. Meski tidak ada rasa, namun minum air putih mampu menyehatkan tubuh dan menyegarkan dahaga.

Jangan lupa konsumsi ikan

Ingat jargon Bu Susi Pudjiastuti?

“Tidak mau makan ikan? Tenggelamkan!”

Agaknya jargon tersebut senada dengan seberapa besar manfaat yang  bisa diperoleh jika kita mengonsumsi ikan.

Menurut sehatnegeriku.kemkes.go.id, ikan selain memiliki asam amino dan protein yang tinggi, juga memiliki berbagai kandungan gizi dan mineral lainnya. Dari mulai sumber mineral. Ikan mengandung zat besi, yodium, selenium, dan zat zinc.

Ikan juga merupakan penyedia lemak yang baik bagi tubuh, karena didalamnya terdapat asam lemak tidak jenuh, EPH, dan DHA.

Tentunya ikan juga memiliki kandungan vitamin yang banyak, dimulai dari vitamin A, B1, B2, D, dan masih banyak lagi vitamin lainnya.

Jangan lupa, ikan adalah makanan yang lezat dan mudah diperoleh di pasar. Harganya yang murah membuat Moms tidak perlu banyak alasan untuk tidak membeli ikan, bukan? Moms juga bisa memasak ikan dengan berbagai macam olahan, seperti digoreng, dikukus, ataupun dipanggang, sesuai dengan selera masing-masing.

Terakhir, Moms perlu ingat bahwa makan makanan bergizi menunjang kesehatan dan memperkuat imunitas tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit. Untuk itu, mari mulai saat ini makan makanan bergizi dan mulai kurangi makanan yang tidak sehat!

Selanjutnya: Telemedicine dan Obat untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri Wilayah DKI Jakarta

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru