kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Simak ya, tujuh hal ini bisa menjadi indikasi gejala penyakit jantung


Rabu, 13 November 2019 / 11:26 WIB
Simak ya, tujuh hal ini bisa menjadi indikasi gejala penyakit jantung
ILUSTRASI. Serangan jantung merupakan penyakit mendadak yang memang tidak diawali dengan gejala apapun. Selain keturunan sakit jantung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup. Pola hidup yang tidak sehat seperti makan yang berlebihan, mengosumsi alkohol serta merokok a

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala penyakit jantung yang paling mudah dikenali adalah munculnya sakit di bagian dada. Namun, tidak semua penderitanya mengalami gejala ini. Tidak jarang, munculnya penyakit jantung justru ditandai dengan gejala-gejala lain yang umum dialami. 

Kondisi ini membuat banyak orang tidak sadar bahwa dirinya menderita penyakit jantung. Karena itu, penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala lain yang menandakan penyakit jantung, selain sakit di bagian dada. 

Baca Juga: Ini jumlah kalori yang dibakar otak untuk bekerja

Berbagai kondisi yang umum dialami sehari-hari ternyata bisa menjadi penanda seseorang memiliki penyakit jantung. Berikut ini kondisi-kondisi yang perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung. 

1. Kelelahan 

Rasa lelah memang hal yang sangat wajar dialami. Namun, apabila rasa lelah berlangsung terus-menerus, maka kita perlu mewaspadainya sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Penyakit jantung yang ditandai dengan timbulnya rasa lelah, di antaranya adalah gagal jantung dan penyakit jantung koroner. 

Baca Juga: Hati-hati, mengisap vape bisa merusak pembuluh darah

2. Tubuh sakit dan nyeri tanpa sebab yang jelas 

Penyumbatan aliran darah ke otot jantung yang terjadi akibat penyakit jantung koroner menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Hal ini membuat tubuh terasa nyeri. 

Namun, rasa sakit dan nyeri tidak selalu timbul di dada dan dapat timbul di bahu, tangan, rahang, atau perut. Lebih rinci, rasa sakit umumnya timbul setelah berolahraga dan akan hilang sesudah beristirahat. 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×