Edukasi

Simbiosis: Pengertian dan jenis-jenis simbiosis

Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Simbiosis: Pengertian dan jenis-jenis simbiosis

ILUSTRASI. Simbiosis: Pengertian dan jenis-jenis simbiosis.


KONTAN.CO.ID -  Dalam kehidupan makhluk hidup ada sebuah hubungan yang disebut sebagai simbiosis. Simbiosis, dikutip dari National Geographic, adalah sebuah hubungan atau interaksi antara dua organisme yang berbeda. 

Kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym dan biosis. Sym memiliki arti dengan, dan biosis berarti kehidupan. Makhluk hidup yang bersimbiosis disebut sebagai simbion. Setiap makhluk hidup di bumi bersimbiosis satu sama lainnya. 

Simbiosis tersebut di bagi menjadi beberapa kategori tergantung dari keuntungan yang didapat. 

Ada tiga jenis kategori simbiosis: Parasitisme, komensalisme, dan mutualisme. Berikut penjelasan dari ketiga simbiosis tersebut, dirangkum dari Sumber Belajar Kemendikbud.

simbiosis parasitisme

  • Simbiosis parasitisme

Dalam simbiosis parasitisme salah satu organisme mengalami kerugian. Hubungan simbiosis ini terjadi dari dua spesies yang berbeda.

Salah satu spesis (parasit) akan menempel dan mengambil makanan dari inangnya. Biasanya inang menjadi pihak yang dirugikan. 

Parasit yang menempel pada inang akan mendapatkan keuntungan berupa makanan atau perlindungan. Biasanya inang tidak bisa mendapatkan makanan yang cukup bahkan mati karena parasit tersebut. 

Contohnya adalah tanaman benalu pada pohon buah. Pohon inang akan kekurangan nutrisi karena diambil oleh tanaman benalu. 

Cacing pita juga termasuk hewan parasit. Cacing yang hidup dalam perut hewan atau manusia membawa dampak buruk pada inangnya. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru