Siswa Wajib Catat, Ini Link Latihan Soal & Contoh Soal AKM ANBK 2022 Jenjang SMA/SMK

Jumat, 26 Agustus 2022 | 14:57 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Siswa Wajib Catat, Ini Link Latihan Soal & Contoh Soal AKM ANBK 2022 Jenjang SMA/SMK

ILUSTRASI. Siswa Wajib Catat, Ini Link Latihan Soal & Contoh Soal AKM ANBK 2022 Jenjang SMA/SMK.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sebentar lagi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 jenjang SMA/SMK sederajat akan dimulai. 

Sesuai dengan jadwal yang dirilis oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbud Ristek, Asesmen Nasional jenjang SMA/SMK/MAK/SMALB/Paket C akan dilaksanakan pada 19 Agustus - 1 September 2022. 

Siswa berlatih soal-soal, khususnya soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), agar lebih siap menghadapi ANBK tahun ini.

Soal-soal Asesmen Nasional tersedia dalam bentuk-bentuk berikut ini: 

  • Pilihan ganda
  • Pilihan ganda kompleks
  • Menjodohkan
  • Isian singkat
  • Uraian 

Baca Juga: Kulit Anda Berminyak? Coba 5 Cara Alami Atasi Masalah Kulit Berminyak Ini

Link latihan soal AKM 2022 jenjang SMA/SMK

Siswa bisa berlatih mengerjakan soal dengan mengakses link atau tautan situs yang disedikan oleh Pusmendik Kemendikbud Ristek. 

Berikut ini link beserta cara mengakses situs latihan soal AKM 2022 jenjang SMA/SMK sederajat. 

  • Buka situs https://pusmendik.kemdikbud.go.id/
  • Klik pada tombol hijau "Ayo Coba AKM"
  • Selanjutnya akan muncul website latiahn soal AKM. 
  • Pada halaman utama Ayo Coba AKM, Anda bisa memilih jenis materi AKM yang ingin dikerjakan yaitu literasi atau numerasi serta jenjang pendidikan yang sesuai dengan siswa.
  • Jika sudah memilih jenis meteri AKM dan jenjang pendidikan, kllik "Ok, Lanjutkan!"
  • Pengujung secara otomatis akan mendapatkan username dan password lalu klik "Login".
  • Selanjutnya Anda mengisi identitas diri dan memasukkan token yang diberikan. Kode token tersedia di halaman yang sama. 
  • Jika sudah mengisi data diri dan token, klik "Submit".
  • Siswa bisa mengerjakan latihan soal AKM dengan durasi waktu tertentu sesuai yang tertera pada halaman soal. 

Contoh soal AKM ANBK 2022 SMA/SMK

Berikut ini beberapa contoh soal AKM yang tersedia di situs Pusmendik Kemendikbud Ristek. 

Literasi membaca: Alokasi waktu selama 60 menit, jumlah soal sebanyak 22

Tersedia infografis tentang peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap perekonomian Indonesia. Dalam infografis tersebut juga tersedia data Pph UMKM dari tahun ke tahun.

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) UMKM cukup stabil.

Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM. Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.

Nah, Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha.

Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok.

Baca Juga: Cara Mudah Perpanjang STNK Online Lewat Aplikasi Signal, Anda Sudah Coba?

Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar. Walaupun demikian, keberhasilan menjalankan UMKM tetap tergantung pada bagaimana kamu memasarkan produk dan berinovasi.

Sobat, dari infografik di atas kita tahu bahwa UMKM sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga keberlangsungan UMKM harus terus didorong. Agar UMKM terus berkembang, sumber daya manusianya pun perlu memiliki kemampuan yang sesuai untuk menjalankan usaha.

Cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbisnis adalah dengan mengikuti pelatihan bisnis. Pelatihan tersebut biasanya mendatangkan para pelaku bisnis yang sukses dan yang dapat membantu peserta melihat peluang mendapat keuntungan terbaik.

Salah satu program pelatihan bisnis yang dapat kamu ikuti adalah Business Leadership Workshop yang diselenggarakan GELCE. Pelatihan ini selalu mendatangkan pelatih yang berkompeten di bidangnya dan memberi kesempatan pemilik bisnis untuk bekerja sama untuk meningkatkan bisnisnya.

Setelah kalian mencermati infografis 'UMKM Menopang Ekonomi Indonesia', kalian akan mendapatkan beberapa informasi.

Berdasarkan informasi yang terdapat pada infografis tersebut, klik pada kolom benar atau salah untuk tiap pernyataan berikut! 

Tersedia beberapa pernyataan beserta kolom benar atau salah. Siswa diminta memilih apakah pernyataan tersebut benar atau salahd engan klik pada salah satu kolom. 

Numerasi: Alokasi waktu selama 60 menit dengan jumlah soal 13.

Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut dari puncak gunung adalah .... (nilai dari akar 3 = 1,73)

  • 1.796 meter
  • 4.256 meter
  • 4.260 meter
  • 4.320 meter
  • 4.920 meter

Siswa diminta untuk menghitung dan memilih salah satu jawaban yang dianggap paling benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru