Siswa Wajib Tahu, Ini Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022 dari Rektor UNS

Kamis, 10 Maret 2022 | 11:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Siswa Wajib Tahu, Ini Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022 dari Rektor UNS

ILUSTRASI. Siswa Wajib Tahu, Ini Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022 dari Rektor UNS. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.


KONTAN.CO.ID -  Semua siswa peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) pasti ingin sukses dan lolos ke universitas dan jurusan pilihan. 

Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur ini akan dibuka pada tanggal 23 Maret 2022 mendatang. Siswa yang hendak mendaftar wajib membuat dan memiliki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Agar peluang lolos UTBK-SBMPTN tahun 2022 tinggi tentu harus siswa perlu mempersiapkan dengan matang sejak sekarang. 

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho, memberikan tips agar siswa bisa sukses menghadapi UTBK dan lolos seleksi SBMPTN 2022. 

Baca Juga: Daftar SBMPTN di IPB? Simak Daftar Jurusan dan Daya Tampungnya Tahun 2022

"Siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022 ditandai dengan usaha, kerja keras, dan tidak boleh malas saat belajar. Senantiasa membandingkan kemampuan diri sendiri. Apakah ada kemajuan atau tidak setiap harinya,” jelas Prof. Jamal seperti dikutip dari situs UNS. 

Tips lolos UTBK-SBMPTN 2022

Prof. jamal juga menambahkan jika tingkat keketatan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Karenanya, kunci agar siswa bisa lolos seleksi ada pada persiapan yang baik dan matang. 

Ada pula tips menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 dari Prof. Jamal yang bisa dipakai oleh siswa diantaranya: 

  • Mengenali minat dan kompetensi diri.
  • Menggali PTN dan program studi (prodi) serta daya tampungnya di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).
  • Melakukan simulasi atau tryout juga memperbanyak latihan soal mandiri.

Baca Juga: Anak Usaha BUMN Kimia Farma Buka Lowongan Kerja 2022, Ini Syaratnya

Prof. Jamal mengingatkan siswa untuk senantiasa siap karena jika tidak siap maka peluang kalah lebih besar. Karenanya, siswa diimbau untuk menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SBMPTN 2022 melalui jalur UTBK. 

"Siapkan juga mental dan religi dengan baik. Senantiasa berdoa dan berusaha yang keras. Pilihlah Prodi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan," jelasnya. 

Selain persiapan diri, siswa juga diimbau agar jangan sampai tergoda dengan pendapat orang lain dan percaya dengan diri sendiri.  

Jangan mudah terbujuk rayu atau tergoda oleh orang lain. Saya doakan kalian sukses melalui jalur UTBK SBMPTN 2022,” ucap Prof. Jamal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru