Skuter listrik Yamaha E01 sedang dalam pengajuan paten, simak penjelasannya

Rabu, 17 Februari 2021 | 12:05 WIB Sumber: RideApart
Skuter listrik Yamaha E01 sedang dalam pengajuan paten, simak penjelasannya

ILUSTRASI. Skuter listrik Yamaha E01 sedang dalam pengajuan paten, simak penjelasannya


MOTOR YAMAHA - IWATA. Generasi skuter listrik Yamaha terbaru bernama Yamaha E01 diprediksi akan masuk jalur produksi. Pasalnya, European Union Intellectual Property Office (EUIPO) merilis gambar paten yang telah diajukan Yamaha bulan ini.

Yamaha pertama kali memperkenalkan konsep skuter listrik E01 di Tokyo Motor Show 2019. Meski memiliki jarak yang cukup lama, Yamaha terus mengembangkan platform baru selama 16 bulan terakhir. Hasilny, Yamaha E01 ini sedang ditinjau oleh EUIPO sebelum disetujui untuk menjadi nama resmi skuter listrik terbaru Yamaha.

Mengutip dari Rideapart, Yamaha mengajukan paten pada 5 Februari 2021, dan diterbitkan pada 15 Februari 2021 oleh EUIPO. Pihak EUIPO mengizinkan jika ada pihak yang keberatan atas merek dagang Yamaha dalam jangka waktu tiga bulan.

Ketika semua berjalan lancar Pabrik Yamaha di Iwata dapat menggunakan papan nama Yamaha E01 sebagai skuter listrik mulai 17 Mei 2021, dan seterusnya.

Baca Juga: Prediksi motor baru yang akan meluncur sepanjang tahun ini

Yamaha E01 generasi terbaru skuter listrik

Meski pengajuan paten sedang ditinjau, Yamaha tetap bungkam mengenai skuter listrik yang berkaitan dengan Yamaha E01. Diprediksi, skuter listrik Yamaha terbaru ini akan mengadopsi motor DC brushless berpendingin udara dan baterai lithium-ion yang tidak dapat dilepas.

Selanjutnya, Yamaha juga dapat memasangkan lampu depan LED profil rendah yang mirip dengan pencahayaan R1 serta port pengisian daya yang dipasang di fasia.

Baca Juga: GPX Drone, calon pesaing berat Honda PCX dan Yamaha NMax

Yamaha E01 generasi terbaru skuter listrik Yamaha

Rendering terbaru dari Yamaha E01 tampaknya belum memenuhi di beberapa wilayah. Pada sisi spion masih berukuran kecil dan ekor yang terpasang belum memenuhi lisensi sehingga diprediksi akan mengalami perubahan.

Tentu saja, bagian tersebut mudah untuk diperbaiki dan diprediksi tidak menghambat laju percepatan proyek skuter listrik Yamaha E01. Setelah merek dagang diperoleh dan regulasi terpenuhi, Yamaha akan memposisikan E01 sebagai skuter listrik perkotaan dengan tenaga yang sebanding dengan skuter 125cc.

Yamaha E01 akan bersaing langsung dengan merek lain yang merilis skuter listrik seperti Honda, KTM, Aprilia bahkan BMW.

Selanjutnya: Royal Enfield Himalayan 2021 resmi meluncur, intip penampakannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru