Smartphone pengenal aneka jenis daun

Rabu, 15 Juni 2011 | 10:09 WIB Sumber: Harian KONTAN, 15 Juni 2011
Smartphone pengenal aneka jenis daun

ILUSTRASI. Subsidi gaji karyawan dan BLT untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) jadi senjata utama pemerintah memulihkan ekonomi.


Selain kecanggihan sebuah produk, suatu hal yang unik dapat menjadi daya jual yang sangat ampuh. Produsen ponsel pun menyadari strategi tersebut. Seperti halnya Apple Inc., produsen beragam gadget yang tak pernah berhenti membuat terobosan unik. Salah satu contohnya adalah penerapan aplikasi yang bisa mendeteksi daun, yang disebut Leaf Snap.

Cara kerjanya mudah. Anda tinggal memotret daun yang diinginkan. Nah, dalam hitungan detik layar smartphone iPhone memunculkan berbagai keterangan tentang daun tersebut layaknya katalog perpustakaan.

Cara kerja aplikasi ini memang hanya pendeteksi. Bank data aneka daun dalam aplikasi ini berasal dari hasil riset tiga universitas yakni Columbia University, The University of Maryland, serta The Smithsonian Institute.

Kabar baiknya, untuk mendekap aplikasi ini, Anda tak perlu mengeluarkan duit. Cukup mengunduh dari gerai AppStore. Namun, sayangnya tak semua daun bisa dideteksi. Sejauh ini data daun yang sudah terdata hanya di bagian Utara-Timur Amerika Serikat (AS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru