PENDIDIKAN - JAKARTA. Berikut adalah soal dan kunci jawaban TVRI untuk materi pelajaran Penjumlahan & Pengurangan.
Pada mata pelajaran kali ini, peserta belajar diminta untuk mengidentifikasi, menduplikasi, dan memperluas pola bilangan yang melibatkan operasi penjumlahan dan pengurangan.
Berikut adalah soal yang diberikan pada akhir tayangan video:
Video 1
a. Gambarkan penjumlahan yang hasilnya bilangan 5!
b. Tuliskan penjumlahan yang hasilnya bilangan 10!
Video 2
Video 3
Lengkapi penjumlahan dan pengurangan berikut dengan bilangan yang tepat!
a) 64 = ... + 35
b) 82 - ... = 46
c) 47 = ... - 23
Video 4
Angka berapa saja yang hilang dari deret bilangan berikut?
Video 5
Pertanyaan hanya untuk kelas 3: Lengkapi penjumlahan dan pengurangan
berikut dengan bilangan yang tepat!
a) ... + 134 = 320
b) 134 + ... = 320
c) 320 - ... = 134
Kunci jawabannya:
Video 1 & 2
a. 1 + 4 = 5
2 + 3 = 5
3 + 2 = 5
4 + 1 = 5
b. 1 + 9 = 10
2 + 8 = 10
3 + 7 = 10
4 + 6 = 10
5 + 5 = 10
6 + 4 = 10
7 + 3 = 10
8 + 2 = 10
9 + 1 = 10
Video 3
a. 64 - 35 = 29
b. 82 - 46 = 36
c. 47 + 23 = 70
Video 4
100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 |
110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 |
Angka yang hilang : 102, 104, 105, 108, 110, 111, 114, 116, 117, 119
Video 5
a. 320 - 134 = 186
b. 320 - 134 = 186
c. 320 - 134 = 186
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
Berikut adalah soal dan kunci jawaban TVRI untuk materi pelajaran tentang Jenderal Sudirman untuk siswa kelas 4-6.
Pada mata pelajaran kali ini, peserta belajar diminta untuk:
(1) Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya
(2) Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur
Nah, adik-adik peserta didik yang duduk di bangku kelas 4-6 akan menyaksikan tontonan tentang pahlawan kita Jenderal Sudirman. Siapkan alat tulis ya!
Berikut adalah soal yang diberikan pada akhir tayangan video:
Soal dan jawaban TVRI SD kelas 4-6 Rabu (14 Mei), materi Jenderal Sudirman
Pertanyaan:
1. Apa yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman?
2. Bagaimana strategi perang Jenderal Sudirman ketika melawan Belanda?
3. Tuliskan beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!
Jawaban:
1. Jenderal Sudirman adalah seorang pejuang Indonesia yang gigih dan ditakuti musuh.
Sejumlah hal yang bisa dijadikan teladan dari perjuangan Jenderal Sudirman ini, antara lain:
- Rasa patriotisme. Jenderal Sudirman memiliki jiwa patriotisme yang tinggi. Hal ini patut kita teladani.
- Tak tunduk pada Belanda. Salah satu prinsip Jenderal Sudirman adalah teguh memegang kebenaran sehingga dia tak pernah tunduk dan takut pada Belanda.
- Rasa cinta tanah air yang tinggi. Jenderal Sudirman memiliki rasa kecintaan terhadap tanah air yang tinggi. Hal ini dia buktikan lewat aksi gerilya yang dia lakukan bersama pasukannya meski dalam kondisi sakit. Jenderal Sudirman mendapatkan rasa hormat dari pasukannya karena alasan itu.
2. Strategi yang digunakan Jenderal Sudirman saat perang melawan Belanda adalah gerilya.
Perang gerilya adalah perang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, berpindah-pindah dan penuh kecepatan.
Dengan strategi ini, Jenderal Sudirman dan pasukannya bisa menyerang Belanda tiba-tiba tanpa terdeteksi.
Hal ini yang membuat Belanda kerap kelabakan karena diserang secara tiba-tiba.
3. Museum Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta.
Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum.
Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.
Beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman bisa ditemukan di museum Vredeburg, antara lain:
- Sepatu
- Meja dan Kursi Tamu
- Tempat Tidur
- Perlengkapan Dapur
- Keris Kiai Slamet
- Kendil Dalung
- Sarung Keris
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua
mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News