Tokoh

Sofyan Djalil lebih sukai Bappenas daripada menko

Jumat, 27 Mei 2016 | 14:00 WIB   Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitangganag
Sofyan Djalil lebih sukai Bappenas daripada menko

Jakarta. - Setelah sebelumnya sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengaku lebih senang dengan posisinya sekarang sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Meski menurutnya bobot pekerjaannya tidak jauh berbeda, posisinya sekarang sesuai dengan targetnya.

"Lebih senang daripada waktu jadi Menko, Menko itu mengkoordinasi bagaimana semua program sekarang itu jalan, tapi Bappenas? bisa mempengaruhi negara ini 20 tahun ke depan" kata Sofyan kepada KONTAN di kantor Bappenas(25/5).

Lanjut, Sofyan Djalil juga merasa nyaman di Bappenas lantaran bisa merambah ke seluruh sektor dan bidang. "Bappenas bisa masuk ke mana saja, you name it, Menko? Bidang ekonomi saja" katanya.

Ia berharap selama masa jabatannya menjadi menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) ini dapat meningkatkan jumlah APBN. "Kita lihat saja nanti akhir tahun ini, APBN pasti meningkat" tuturnya.

Sofyan Djalil sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Menteri BUMN pada masa pemerintahan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setelah sebelumnya menduduki jabatan politik sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Saya masuk jadi Menteri Kominfo, 2,5 tahun saya reform Kemkominfo itu waktu saya pertama masuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Rp. 960 Milyar, saya keluar 2,5 tahun PNBP-nya Rp. 4,6 Triliun kemudian kita tender 3G dapat uang negara Rp16 Triliun" ungkapnya.


Editor: Adi Wikanto


Terbaru