Spanyol catat rekor cuaca panas tertinggi, suhu capai 42° Celcius!

Senin, 03 Agustus 2020 | 12:10 WIB   Reporter: Arif Budianto
Spanyol catat rekor cuaca panas tertinggi, suhu capai 42° Celcius!

ILUSTRASI. Pablo Garcia, penjaga pantai di Torrox, dekat Malaga, Spanyol. Spanyol mencatatkan rekor cuaca panas tertinggi dalam 45 tahun terakhir, suhu mencapai 42° Celcius.

KONTAN.CO.ID -SAN SEBASTIAN. Spanyol baru saja mencetak rekor cuaca panas tertinggi dalam 45 tahun terakhir. Cuaca panas ini menndorong warga negeri matador untuk berbondong-bondong ke pantai.

Berbeda dengan di beberapa wilayah Indonesia yang belakangan cuacanya terasa dingin, Spanyol justru mencaatatkan rekor baru untuk cuaca panas dengan suhu mencapai 42 derajat Celcius pada Kamis (30/7) pekan lalu.

Badan Badan Cuaca Nasional Spanyol (AEMET) mengatakan, cuaca panas ini menjadi yang terpanas sejak 1955 silam. Rekor suhu terpanas 42 derajat Celcius itu tepatnya terjadi di Pantai San Sebastian di Utara Spanyol.

Sementara suhu terpanas di Kota Palma tercatat 40 derajat Celcius pada Selasa (27/7) pekan lalu.

Baca Juga: Merasa gerah beberapa hari terakhir? Ini penjelasan BMKG 

Mengutip Phys.org, AEMET menyatakan, saat cuaca panas seperti saat ini, pada malam hari suhunya tidak kurang dari 20 derajat Celcius. Dan, ini terjadi di berbagai wilayah di Spanyol pada Juli lalu.

"Perubahan iklim meningkatkan frekuensi gelombang panas" ujar AEMET.  Bahkan, dari tahun ke tahun sejak 1980, kondisi gelombang panas yang terjadi di Spanyol ini meningkat dua kali lipat.

Meski begitu, rekor cuaca panas di Spanyol ini masih belum memecahkan cuaca panas yang terjadi di Amerika Serikat (AS). Badan Meteorologi Dunia (WMO) mencatat, cuaca terpanas yang pernah terjadi di Bumi mencapai 56,7 derajat Celcius.

Peristiwa tersebut terjadi di Furnace Creek, California, AS pada 1913 silam.

Baca Juga: WHO: Musim panas adalah masalah, virus corona menyukai segala macam cuaca

Editor: Arif Budianto


Terbaru