Spider Man: No Way Home Pecahkan Rekor Film Box Office Tertinggi ke-2 di Pembukaannya

Minggu, 19 Desember 2021 | 19:48 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Spider Man: No Way Home Pecahkan Rekor Film Box Office Tertinggi ke-2 di Pembukaannya

ILUSTRASI. Film Spider-Man: No Way Home rilis poster, ini reaksi Tom Holland hingga Zendaya melihat trailer terbaru.


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Meski pandemi belum usai, bisnis bioskop mulai kembali dibanjiri penonton. Spider Man No Way Home besutan Sony Group memecahkan rekor film box office tertinggi kedua dalam hari pembukaannya setelah Avenger End Game.

Mengutip Bloomberg, bioskop diproyeksi mengumpulkan sekitar US$ 4 miliar dalam penjualan tiket di Amerika Serikat sepanjang tahun ini. Pencapaian ini, turun jauh dari sebelum pandemi di 2019 yang mencapai US$11,4 miliar.

Film ini telah membawakan malam pembukaan terbaik sepanjang masa bagi jaringan bioskop Cinemark Holdings Inc. Boxoffice Pro memperkirakan akhir pekan pembukaan Amerika Utara sebesar US$ 224 juta.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Film Tom Holland Selain Spider-Man: No Way Home

Begitupun bagi operator teater terbesar,  AMC Entertainment Holdings Inc yang mencetak malam pembukaan Desember terbesar yang pernah ada, dengan 1,1 juta penerimaan, dan tertinggi kedua sepanjang masa.

Film Spider Man No Way Home telah memberikan kejutan yang sangat dibutuhkan untuk bioskop-bioskop yang mengalami berbulan-bulan penutupan karena pandemi. Diikuti oleh berbagai film yang ditunda hingga gagal ditayangkan.

Pada Jumat (17/12), penjualan tiket Spider Man tembus senilai US$121,5 juta. Pencapaian itu terjadi setelah perolehan penjualan tiket gala premier sehari sebelumnya, pada Kamis (16/12) sebesar US$ 50 juta.

“Ini jauh melampaui rekor tertinggi pembukaan akhir pekan era pandemi hampir tiga bulan lalu oleh studio “Venom: Let There Be Carnage,” ujar Sony.

Sony sekarang memproyeksikan penjualan tiket ini mencapai US$ 242 juta untuk akhir pekan ini. Meningkat, melebihi target tiga hari sebelumnya US$ 130 juta. Dus, proyeksi itu akan mengalahkan penayangan Venom pada minggu pertama tayangnya senilai US$ 212,4 juta.

“Hari pembukaan untuk Spider Man: No Way Home telah secara besar-besaran melampaui ekspektasi sebelumnya sebesar US$ 100 juta untuk akhir pekan, Perkiraan akhir pekan, secara mengejutkan akan menempatkannya di antara 5 pembuka teratas sepanjang masa,” papar Paul Dergarabedian, analis media senior di peneliti pasar Comscore Inc.

Tak hanya Spider, Film Marvel pertama yang menampilkan aktor Asia sebagai pemeran utama laris manis. Film ini telah mendulang pendapatan US$ 53 juta di box office global pada Minggu kedua tayangnya di awal September 2021.

Baca Juga: Bintangi Spider-Man: No Way Home, Tom Holland Bandingkan dengan Avengers: Endgame

Film dengan judul Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings memperoleh pendapatan US$ 29,3 juta dalam penjualan box office domestik. Sedangkan di pasar internasional, Disney memperoleh pemasukan US$ 23,4 juta.

Dengan pencapaian itu, Disney berpeluang meraih pemasukan setidaknya US$ 60 juta selama akhir pekan tiga untuk penjualan domestik. Selain itu, kisaran US$ 75 juta hingga US$ 85 juta termasuk liburan Hari Buruh mendatang.

Film ini dirilis pada saat kondisi berbahaya bagi industri bioskop. Lonjakan varian Covid-19 Delta baru-baru ini telah membuat bioskop berjuang untuk menyamai angka box office tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru