Starlink Indonesia: Pengertian, Harga Paket, Cara Order, dan Perbedaan dengan ISP

Rabu, 08 Mei 2024 | 13:45 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Starlink Indonesia: Pengertian, Harga Paket, Cara Order, dan Perbedaan dengan ISP

ILUSTRASI. Antena penerima sinyal internet dari satelit Starlink. dok/X.com/@starlink


INTERNET - JAKARTA. Kenali apa itu Starlink, harga paket di Indonesia, hingga cara pemesanan. Pengembangan teknologi internet tanpa kabel semakin canggih, salah satunya Starlink.

Starlink adalah proyek ambisius dari SpaceX, perusahaan dirintis Elon Musk untuk menghadirkan internet berkecepatan tinggi ke seluruh penjuru dunia.

Nah, ini juga berkaitan dengan pengembangan internet terutama di area terpencil yang tak terjangkau infrastruktur internet tradisional.

Kini media sosial di Indonesia sedang dihebohkan dengan penggunaan Starlink yang memiliki kecepatan tinggi. Bahkan, para customer asal Indonesia memerlukan Pre-Order hingga 3 tahun sejak perilisan di tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Kecepatan Tembus 300 Mbps, Harga Paket Starling Mulai Rp 750.000 Per Bulan

Lalu, bagiamana sistem Starlink bekerja? Pahami skema Starlink Indonesia yang berbeda dengan penyedeia layanan internet tradisional.

Bagaimana Starlink Bekerja?

Internet Starlink

Kunci Starlink terletak pada ribuan satelit yang diluncurkan ke orbit Bumi rendah (LEO). Satelit-satelit ini akan membentuk jaringan internet di luar angkasa, menghubungkan satu sama lain dan menyediakan akses internet ke stasiun bumi dan perangkat pengguna di permukaan bumi.

Starlink dapat menjangkau area terpencil yang tak terjangkau internet kabel atau seluler tradisional. nternet Starlink dijanjikan memiliki kecepatan tinggi, memungkinkan streaming video, game online, dan aktivitas internet lainnya tanpa hambatan.

Perbedaan Starlink dengan ISP

Terdapat beberapa perbedaan Starlink dengan ISP yang wajib Anda ketahui.

  • Metode Penyampaian: Starlink menggunakan satelit, berbeda dengan ISP tradisional yang menggunakan kabel serat optik atau infrastruktur kabel lainnya.
  • Jangkauan: Starlink menargetkan area terpencil yang tak terjangkau ISP tradisional.

Meski terus berkembang, Starlink menghadapi tantangan terkait biaya tinggi yang tidak bisa dijangkau semua orang. Selain itu, rangkaian membangun dan memelihara jaringan satelit membutuhkan biaya yang besar.

Nah, sinyal internet yang harus menempuh jarak jauh ke dan dari ruang angkasa berpotensi menyebabkan kecepatan dan latensi yang lebih tinggi.

Agar lebih jelasnya, Anda dapat mengecek beberapa informasi terkait harga paket Starlink di Indonesia beserta perangkatnya.

Baca Juga: Kemkominfo Meninjau Regulasi yang Mengatur Penggunaan Starlink di Luar 3T

Harga paket Starlink

Berikut detail daftar paket Starlink untuk personal dan bisnis dengan jangkauan dan perangkat yang berbeda.

1. Paket Residensial

Paket Starlink ini cocok merupakan paket termurah untuk keluarga, dengan fitur utamanya internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah tanpa batas.

  • Harga paket layanan: Rp 750 ribu per bulan (Standar)
  • Harga perangkat Starlink: Rp 7.800.000 (Standard Actuated)

2. Paket Lokasi Tetap

Paket Starlink ini dapat digunakan untuk kepentingan bisnis dan pengguna dengan permintaan tinggi, dengan fitur utama kuota standar tanpa batas, memiliki IP publik, dan mendapatkan prioritas jaringan.

  • Harga paket layanan: Rp 1.100.000 per bulan (Prioritas - 40 GB), Rp 3.025.000 per bulan (Prioritas - 1 TB), Rp 6.116.000 per bulan (Prioritas - 2 TB), dan Rp 12.320.000 per bulan (Prioritas - 6 TB)
  • Harga perangkat Starlink: Rp 7.800.000  (Standard Actuated)

3. Paket Jelajah

Paket Starlink untuk kelompok yang tidak memiliki tempat tinggal tetap atau sering berpindah tempat (nomad) dengan kendaraan RV (Recreational Vehicle) dan karavan.

Sehingga, fitur utamanya tidak ada batasan kuota mobile, portabilitas, dan jeda layanan kurang 10 mph saat bepergian.

  • Harga paket layanan: Rp 990.000 per bulan (Mobile - Regional), atau Rp 6.995.480 per bulan (Mobile - Global)
  • Harga perangkat Starlink: Rp 7.800.000 (Standard Actuated)

4. Paket Kapal

Paket Starlink ini bagus digunakan dalam jangkauan maritim, tanggap darurat, dan bisnis mobile. Tersedia dalam fitur layanan bergerak, sehingga dapat digunakan saat bepergian atau berlayar, dan mendapat prioritas jaringan.

  • Harga paket layanan: Rp 4.345.000 per bulan (Prioritas Mobile - 50 GB), Rp 17.160.000 per bulan (Prioritas Mobile - 1 TB), dan Rp 86.130.000 per bulan (Prioritas Mobile - 5 TB)
  • Harga perangkat Starlink: Rp 43.721.590 (Flat High Performance).

5. Paket Mobilitas Darat

Sama seperti paket Kapal, paket Starlink ini dapat digunakan di wilayah maritim, tanggap darurat, dan bisnis yang bergerak. Paket ini menawarkan semua fitur mobile layanan global, bisa digunakan saat bepergian hingga berlayar, dan mendapatkan prioritas jaringan.

  • Harga paket layanan: Rp 4.345.000 per bulan (Prioritas Mobile - 50 GB), Rp 17.160.000 per bulan (Prioritas Mobile - 1 TB), Rp 86.130.000 per bulan (Prioritas Mobile - 5 TB)
  • Harga perangkat Starlink: Rp 43.721.590 (Flat High Performance).

6. Paket Maritim

Terakhir, ini untuk maritim, tanggap darurat, dan bisnis mobile. Paket tersebut menyediakan semua fitur mobile layanan global, lengkap dengan penggunaan bepergian dan berlayar serta mendapatkan prioritas jaringan.

  • Harga paket layanan: Rp 4.345.000 per bulan (Prioritas Mobile - 50 GB), Rp 17.160.000 per bulan (Prioritas Mobile - 1 TB), Rp 86.130.000 per bulan (Prioritas Mobile - 5 TB)
  • Harga perangkat Starlink: Rp 43.721.590 (Flat High Performance).

Cara Memesan Starlink di Indonesia

Starlink kini resmi beroperasi di Indonesia! Berikut langkah-langkah untuk memesan internet Starlink:

1. Kunjungi Situs Resmi Starlink

Buka situs web resmi Starlink Indonesia di https://www.starlink.com/.

2. Periksa Ketersediaan Layanan

Gulir ke bawah halaman utama dan temukan kolom "Alamat Layanan". Masukkan alamat lengkap Anda di Indonesia, termasuk provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, dan kelurahan/desa. Klik "Pesan Sekarang".

Website akan menampilkan informasi ketersediaan layanan Starlink di wilayah Anda. Saat ini, perlu dicatat bahwa ketersediaan layanan mungkin terbatas di beberapa daerah.

3. Isi Informasi dan Lakukan Pembayaran

Saat layanan tersedia, Anda akan diminta untuk melengkapi informasi lebih lanjut, seperti nama depan, nama belakang, nomor telepon, dan alamat email.

Starlink mungkin juga menawarkan opsi untuk melakukan deposit awal untuk mengamankan slot pemesanan. Perlu dicatat bahwa informasi mengenai biaya dan deposit awal mungkin belum sepenuhnya tersedia.

4. Tunggu Konfirmasi dari Starlink

Setelah pendaftaran, Starlink akan menghubungi Anda melalui email atau telepon untuk konfirmasi detail pesanan dan jadwal pemasangan perangkat Starlink.

Website Starlink Indonesia juga menyebutkan bahwa saat ini mereka sedang dalam tahap pendaftaran awal (pre-order).

Artinya, berarti Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat sebelum layanan tersedia secara penuh dan perangkat Starlink dikirimkan ke alamat Anda.

Demikian penjelasan terkait apa itu Starlink, harga paket, hingga cara memesannya wilayah Indonesia.

Selanjutnya: Manfaat Petai Cina Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 7 Khasiat Lainnya

Menarik Dibaca: Harga Emas Hari ini Bergulir Tipis, Terganjal Penguatan Dollar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru