Stik PS 4 bisa digunakan di PS 5, begini caranya

Selasa, 04 Agustus 2020 | 15:39 WIB   Reporter: Arif Budianto
Stik PS 4 bisa digunakan di PS 5, begini caranya

ILUSTRASI. Stik PS 4 bisa digunakan di PS 5, tetapi harus memenuhi syarat

KONTAN.CO.ID - PlayStation 4 atau PS 4 umurnya segera berakhir dengan digantikannya oleh sang penerusnya PlayStation 5 (PS 5). PS 5 sendiri masih belum rilis di pasaran, tetapi banyak gamer yang antusias dengan kehadiran konsol penerus PS 4 ini.

Sebagai konsol video game, tentu saja PS 5 masih dilengkapi dengan kontroler. Berbeda dengan kontroler atau stik PS 4, di PS 5 kontrolernya mengusung teknologi baru.

Stik untuk PS 5 ini juga mengusung nama baru, yakni DualSense. Benar sekali, sedikit berbeda dengan konsol PS 4 atau generasi terdahlunya. Umumnya stik PS menggunakan nama DualShock "X" sesuai dengan jenis konsolnya.

Baca Juga: Sony luncurkan dua versi konsol game PS5 sekaligus

Kali ini di PS 5 buka lagi menggunakan DualShock 5, melainkan DualSense. Tentu saja banyak perubahan dari stik yang digunakan di PS 4.

Mengutip dari blog resmi PlayStation, Isabelle Tomatis selaku PlayStation VR, Marketing and Licensing Sony mengungkapkan informasi seputar peripheral PS 4 yang bisa digunakan di PS 5.

Dalam tulisannya dikatakan bahwa hampir semua peripheral PS 4, seperti headset, kontroler VR, kontroler arcade dan beberapa peripheral berlisensi asli dapat digunakan di PS 5.

Termasuk DualShock 4 yang merupakan stik utama dari PS 4 ini. Tetapi ada syaratnya ... 

Pengguna masih bisa menggunakan stik PS 4 ini saat bermain game di PS 5. Syaratnya game yang dimainkan merupakan game PS 4.

Itu saja, tidak ada syarat lain. Hal tersebut disebabkan karena game PS 5 kemungkinan besar bakal mengusung fitur yang lebih banyak memanfaatkan stik PS 5. 

Apalagi stik PS 5 memiliki fitur canggih yang tidak ada di stik PS 4. Contohnya seperti haptic feed back dan adaptive trigger yang tidak ada di stik PS 4.

Pun demikian PS 5 memang memiliki fitur backward compability sehingga dapat memainkan game yang telah rilis di PS 4. Kabar yang beredar secara luas mengatakan bahwa PS 5 akan rilis pada liburan musim panas tahun ini juga.

Editor: Arif Budianto


Terbaru