Sony luncurkan dua versi konsol game PS5 sekaligus

Jumat, 12 Juni 2020 | 17:33 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Sony luncurkan dua versi konsol game PS5 sekaligus

ILUSTRASI. Controller Sony PlayStation 5


PERMAINAN / GIM - JAKARTA. Persaingan gim semakin panas. Perusahaan gim berlomba-lomba menghadirkan inovasi lewat produk baru agar bisa memenangkan persaingan. 

Sony misalnya, resmi memperkenalkan konsol game PlayStation 5 (PS5) bersamaan dengan serangkaian game virtual baru pada Kamis (11/6). Peluncuran konsol generasi baru itu dilakukan untuk menantang Xbox milik Microsoft Corp menghadapi persaingan musim panas.

Baca Juga: Ini smartphone teringan di dunia besutan Sharp

Mengutip Bloomberg, Jumat (12/6) PS5 sebagai generasi penerus PS4 ini dihadirkan dalam dua versi yakni versi standar dengan blu-ray drive dan satu lagi digital edition.

Untuk PS5 versi standar dengan blu-ray sama pada umumnya, akan menerima game dari disk. Namun juga tetap bisa download game secara digital. Sedangkan versi digital tidak memiliki slot untuk memasukkan cakram drive disk blu-ray dan untuk mendapatkan game baru pengguna harus membeli versi digital yang tersedia di PS Store.

Inovasi dari PS5 versi digital edition ini dapat mempercepat transisi ke unduhan digital dan memotong peran pengecer seperti Amazon.com , GameStopdan Walmart. Versi ini dibikin dengan desain yang lebih ramping dan diharapkan lebih murah daripada model standar.

PS5 dijadwalkan untuk mulai dijual musim liburan ini. Gim Spider-Man baru akan dihadirkan bersamaan dengan dirilisnya konsol game generasi terbaru ini. Lalu, ada dihadirkan juga game balap Gran Turismo baru, serta versi lanjutan dari Grand Theft Auto V.

Baca Juga: Ponsel Sharp Aquos Zero 2 dan Aquos R3 resmi dirilis, banderol mulai Rp 10,99 juta

Sony menunjukkan serangkaian game baru dari berbagai waralaba profil tinggi, termasuk Resident Evil 8, remake dari game aksi Demon's Souls dan sekuel game PlayStation 4 yang populer, Horizon Zero Dawn.

Sony menggantungkan harapan tinggi untuk PS5. Sistem Sony saat ini telah mendominasi pasar video gim selama tujuh tahun terakhir dengan penjualan lebih dari 110 juta unit dan mengalahkan upaya Microsoft lewat Xbox.

Kedua perusahaan mulai berbicara secara terbuka tentang generasi konsol masing-masing sejak tahun lalu. Sony telah menjanjikan peningkatan teknis yang akan memungkinkan grafik yang lebih tajam, dunia game yang lebih besar dan mengurangi waktu muat.

Pandemi virus corona telah mempersulit proses koreografi yang cermat untuk memperkenalkan sistem game baru. Sony telah menjadwalkan mempresentasikan kemampuan teknis PS5 pada Konferensi Pengembang Game pada bulan Maret, tetapi acara itu batal. Sebagai gantinya, Sony melakukan streaming presentasi video berdurasi satu jam yang diselenggarakan oleh arsitek utama PlayStation, Mark Cerny.

Baca Juga: Advan riliis earphone Startgo TWS 2 dengan harga Rp 199.000

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru