Struktur, Ciri-ciri, dan Tujuan Teks Prosedur dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 17 Desember 2021 | 14:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Struktur, Ciri-ciri, dan Tujuan Teks Prosedur dalam Bahasa Indonesia

ILUSTRASI. Struktur, Ciri-ciri, dan Tujuan Teks Prosedur dalam Bahasa Indonesia. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha


EDUKASI - Jakarta. Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks dalam Bahasa Indonesia yang sering kita temui, baik saat pembelajaran maupun di kehidupan sehari-hari. 

Melansir dari situs ditsmp.kemdikbud.go.id, teks prosedur adalah sebuah teks atau tulisan yang berisikan langkah-langkah atau cara untuk mengerjakan atau membuat sesuatu secara terstruktur dan juga sistematis. 

Tidak hanya dalam bentuk tulisan, jenis teks ini juga bisa didengar bahkan kita hasilkan sendiri dan berada di berbagai jenis media. 

Tujuan membuat teks prosedur ada beragam. seseorang bisa membuat teks ini dengan tujuan untuk menjelaskan, mengarsipkan, memberi tahu, memberi petunjuk, dan masih banyak kemungkinan lain.

Jenis teks prosedur yang mungkin sering ditemukan di kehidupan sehari-hari adalah instruksi tentang cara membuat mie yang berada di kemasan instan. 

Baca Juga: Lokasi Vaksin Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun dan Kondisi Anak Tidak Bisa Vaksinasi

Ciri dan struktur dalam teks prosedur

Ada ciri khas tersendiri yang membuat teks prosedur berbeda dengan jenis teks lain seperti teks naratif. Ciri yang paling menonjol adalah informasi tentang langkah yang harus dilakukan untuk membuat sesuatu. 

Beberapa teks juga mencantumkan informasi tentang bahan-bahan hingga peralatan yang perlu dipersiapkan. 

Dalam teks prosedur biasanya menggunakan kalimat perintah, saran, dan larangan. Selain itu, kita bisa menemukan kata konjungsi dalam teks prosedur seperti pertama, kedua, kemudian, berikutnya, atau setelah ini. 

Teks prosedur memiliki 5 struktur yang membentuk keseluruhan teks. Struktur tersebut diantaranya:

1. Judul: Merupakan nama dari kegiatan yang akan dilakukan contohnya seperti "Cara Membuat Donat Kentang" atau "Langkah Mengatasi Laptop Lemot".

2. Tujuan: Bagian ini biasanya tercantum pada pengantar umum. Selain tujuan, pengantar umum juga merupakan penanda hal apa yang akan dibuat atau dikerjakan. Hindari menggunakan ungkapan negatif dalam bagian pengantar umum. 

Baca Juga: Daftar Kata Irregular Verb Bahasa Inggris yang Sering Digunakan Beserta Artinya

3. Bahan dan alat: Bagian ini merupakan struktur teks prosedur yang opsional. Bahan dan alat bisa dimasukkan atau dihilangkan tergantung dengan konteks teks prosedur yang dibuat. 

4. Langkah: Merupakan struktur penting dan utama dalam sebuah teks prosedur. Bagian ini berisikan tahapan, urutan kronologis, atau panduan yang ditulis secara runut. Biasanya langkah-langkah tersebut disajikan dalam bentuk penomoran atau uraian paragraf. Saat menulis bagian ini, gunakan kata penghubung (waktu, tujuan, urutan) dan juga kalimat perintah (saran atau larangan).

5. Penutup: Bagian ini merupakan struktur paling akhir pada teks prosedur. Penutup berisikan hal-hal pokok yang sebelumnya sudah dijabarkan dan diulang dengan bentuk sinonim, atau memotivasi orang lain untuk melakukan tujuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru