Wisata

Sudah dibuka lagi, begini cara booking online pendakian Gunung Rinjani

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 15:07 WIB Sumber: Kompas.com
Sudah dibuka lagi, begini cara booking online pendakian Gunung Rinjani

ILUSTRASI. Pendaki Gunung Rinjani. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc/18.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendakian Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi dibuka kembali hari ini, Sabtu (22/8/2020). Seperti halnya gunung-gunung lain yang dibuka di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), ada peraturan yang diperketat salah satunya mewajibkan pendaki melakukan registrasi online. 

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) juga mewajibkan para pendaki gunung berketinggian 3.726 mdpl itu untuk melakukan booking online melalui aplikasi eRinjani. Lalu seperti apa cara booking online pendakian Gunung Rinjani melalui aplikasi tersebut? Bagi para calon pendaki Gunung Rinjani, berikut Kompas.com rangkum cara booking online Gunung Rinjani.

Unduh aplikasi eRinjani di Google Play Store 

Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi eRinjani, bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut yang tersedia di Google Play Store. Ketik "eRinjani" di kolom pencarian dan kemudian klik install untuk mengunduh aplikasi tersebut. 

Saat ini, eRinjani baru tersedia di dalam versi Android. Tiba di tampilan awal, pilih menu Registrasi Akun Jika kamu belum pernah menggunakan dan membuat akun di eRinjani, pilih menu Registrasi Akun. 

Baca Juga: Kangen liburan! Ini 29 kawasan ekowisata yang sudah dibuka terbatas oleh KLHK

Mengisi form data diri 

Oleh karena belum memiliki akun, kamu harus mengisi form data diri seperti nama lengkap dan lainnya. Usai mengisi form data diri dengan lengkap, kamu bisa klik tombol "Submit". Lalu tampilan layar akan menunjukkan registeration success yang menandakan registrasi akunmu telah berhasil. Kamu bisa mengecek emailmu untuk verifikasi. 

Lanjut ke menu login 

Setelah memiliki akun, kamu bisa menuju ke menu Login eRinjani. Masukkan email dan password yang sudah didaftarkan. Kemudian klik "Login" dan kamu akan melihat tampilan halaman utama eRinjani. Pada halaman ini ada beberapa menu yaitu Standar Operasional Prosedur, Update Informasi TNG Rinjani, Daftar Trekking Organizer, dan Tombol Booking Tiket. 

Editor: Handoyo .


Terbaru