Tokoh

Sukses sedari dini, ini 5 pesan yang sering disampaikan Bill Gates untuk pelajar

Rabu, 22 Juli 2020 | 10:51 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Sukses sedari dini, ini 5 pesan yang sering disampaikan Bill Gates untuk pelajar

ILUSTRASI. Sukses sedari dini, ini yang sering disampaikan Bill Gates untuk para pelajar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bill Gates sebagai founder software komputer terpopuler tentunya banyak dikagumi. Pengagum penemu Microsoft ini bukan hanya dari kalangan dewasa. Banyak pelajar yang juga mengagumi sosok Bill Gates.

Kecerdasan Bill Gates menjadi salah satu kunci kesuksesan Gates. Tetapi hal tersebut bukan menjadi hal yang terpenting. Ada banyak faktor yang membawa Gates menuju kesuksesan.

Masa sekolah dan kuliah menjadi titik awal perjalanan Bill Gates dalam mencapai kesuksesan. Karena hal ini lah Bill Gates sangat memperhatikan para generasi muda, terutama pelajar. Gates sering memberikan saran kepada mahasiswa baru dan pelajar di tiap kesempatan.

Berikut adalah saran Bill Gates untuk para pelajar yang sering Gates sampaikan.

  • Berteman dengan orang yang kompetitif

Dilansir dari Bussiness Insider, Bill Gates menyarankan para pelajar untuk berkompetisi. Kompetitor yang paling pas tentunya teman-teman disekitar. 

Berteman dengan orang yang kompetitif, secara tidak langsung akan mendorong Anda untuk maju. Jiwa kompetitif Anda kan tumbuh, dan Anda ingin terus menjadi yang lebih baik.

Tentunya kompetisi yang Anda "ikuti" harus berkaitan dengan akademis Anda. Cari teman yang memiliki ketertarikan akademis yang sama dengan Anda. 

Hal ini juga ditanamkan Bill Gates saat mengejar mimpinya. Warren Buffett juga melakukan hal yang sama saat memilih teman bergaul. Bagi mereka, teman yang bisa berkompetisi bersama akan membantu mereka berkembang lebih baik. 

  • Optimis

Menjadi pribadi yang optimis bisa sangat menguntungkan. Rasa optimis bisa membakar kembali semangat yang mulai kendur. Selalu optimis juga membuat seseorang produktif dalam segala hal.

Dalam surat penerimaan mahasiswa baru Stanford University 2014, Bill Gates menyampaikan jika mahasiswa harus optimis. Rasa optimis bisa menciptakan banyak inovasi yang bermanfaat untuk masa depan.

Baca Juga: Wow, kekayaan Jeff Bezos bertambah Rp 191,1 triliun dalam sehari! Wow, kekayaan Jeff Bezos bertambah Rp 191,1 triliun dalam sehari!

  • Jangan cepat puas dan hargai kemampuan orang lain

Jangan cepat berpuas diri. Bill Gates dikenal sebagai long-life learner. Gates tidak pernah puas dengan ilmu dan kemampuan yang ia miliki.

Setelah sukses dengan Microsoft, Bill Gates mengubah haluannya ke ranah sosial. Gates terus belajar bagaimana mewujudkan kesejahteraan sosial, kesehatan, dan ekonomi bagi seluruh penduduk dunia. Melalui The Bill & Melinda Gates Foundation, Gates terus belajar untuk mewujudkan mimpinya.

Setiap skill memiliki keunggulannya masing-masing, dan menghargainya bisa membuat Anda lebih berkembang. Bill Gates bahkan menyesal tidak melihat potensi dari keberagaman skill.

Gates mengatakan kekecewaannya di Hunter Collage di Manhattan Februari 2018. Dilansir dari CNBC, Gates mengatakan; 

"I was so naive about different skill sets. I thought if somebody had a high IQ, they could be good at everything. And the idea that you needed to blend these different types of skill together, that always continued to surprise me."

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru