Tahun depan ada 127 event wisata di Bangka Belitung

Selasa, 06 November 2018 | 19:04 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Tahun depan ada 127 event wisata di Bangka Belitung

ILUSTRASI. Belitong Geopark International Kayak Marathon (BGIKM)


WISATA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) berupaya menggali sumber pendapatan asli daerah (PAD) baru. Mulai  tahun depan, provinsi ini akan menggenjot pendapatan dari sektor pariwisata, bukan lagi pertambangan.  

Pemprov Bangka Belitung sudah menyiapkan langkah. Salah satunya menggelar event wisata. Pemprov Babel bahkan sudah menyiapkan 127 event wisata. "Event itu berskala nasional dan internasional," kata Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Selasa (6/11).

Salah satu acara berskala internasonal yang bakal digelar adalah Belitung Triatlon. Pemprov Bangka Belitung sendiri sudah menjalin kerjasama dengan instansi Singapura di acara tersebut. Dalam keterangan tersebut, tidak disebut identitas dari instansi Negeri Merlion tersebut. Perhelatan tersebut ditargetkan bisa menjaring sekitar 2.000 peserta asal Singapura.

Lewat ajang tersebut, Pemprov Bangka Belitung berharap jumlah turis yang datang ke provinsi tersebut bisa melonjak termasuk di tahun ini. Tahun lalu, sebanyak 379.274 turis datang ke sana. RInciannya terdiri atas 9.358 wisman dan 369.916 wisnus. Kunjungan wisman ke Belitung terbanyak dari Korea, China, Malaysia, Singapura, dan Jepang sebagai top 5, serta Australia, India, USA, Jerman, dan Inggris.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru