Tak boleh sembarangan, begini cara mengobati kucing demam

Rabu, 22 Juli 2020 | 12:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak boleh sembarangan, begini cara mengobati kucing demam


HEWAN PELIHARAAN - JAKARTA. Butuh usaha ekstra jika Anda memelihara kucing, apalagi saat kucing demam. Cara mengobati kucing demam tentu saja Anda mulai dengan mengecek suhunya.

Kucing yang normal memiliki suhu tubuh 100,4-102,5 derajat Fahrenheit. Jika suhu tubuh lebih dari batas normal, kesehatan kucing akan terganggu.

Melansir Pets.webmd.com, kucing dengan suhu tubuh lebih dari 106 derajat Fahrenheit bisa melukai organ dalam tubuhnya. Pengetahuan tentang cara mengobati kucing demam dengan pertolongan pertama mungkin bisa menyelamatkan kondisinya.

Baca Juga: Kucing Munchkin, imut-imut tapi sempat menuai kontroversi

Kucing demam biasanya akibat lingkungan yang terlalu hangat atau peningkatan aktivitas otot. Melansir Pets.webmd.com, demam pada kucing timbul buntut daya tahan tubuh atau sistem imun terganggu karena bakteri, tumor, perawatan dari kecelakaan, perawatan medis tertentu, dan lain-lain.

Kucing yang mengalami demam tinggi disebut dengan hypothermia. Sedangkan bagi kucing yang mengalami demam tanpa alasan yang jelas disebut FUO atau fever of unknown origin.

Gejala yang muncul saat kucing demam biasanya tampak dari perilakunya, yaitu nafsu makan berkurang, depresi, kehilangan energi, kurang minum. Diare, muntah, serta  bersin menjadi gejala lain yang muncul saat kucing demam.

Kalau sudah begini, Anda perlu melakukan cara mengobati kucing demam segera.

Baca Juga: 4 jenis kucing persia yang bisa Anda pelihara

Cara mengobati kucing demam

Setelah melakukan cek suhu tubuh, cara mengobati kucing demam adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Dengan memeriksakan kucing, penanganan yang tepat bisa dokter lakukan.

Misalnya, kucing terinfeksi bakteri, maka penanganan yang tepat adalah dengan memberikan antibiotik. Contoh lain, jika kucing mengalami dehidrasi akibat demam, dokter hewan akan memberikan cairan tambahan agar kondisinya bisa lebih baik.

Tapi, melansir Pets.webmd.com, cara mengobati kucing demam tidak boleh Anda lakukan dengan cara yang sembarangan. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat apapun agar kucing bisa selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru