CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tak hanya menghilangkah dahaga, air mineral juga memiliki manfaat kesehatan


Senin, 09 September 2019 / 17:38 WIB

Tak hanya menghilangkah dahaga, air mineral juga memiliki manfaat kesehatan
ILUSTRASI. Kesehatan minum air


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air mineral selalu digadang-gadang sebagai minuman sehat dan aman untuk semua orang. Diambil dari mata air dan mengandung sejumlah mineral baik dan senyawa alami lainnya yang baik untuk kesehatan. Minum air mineral kemungkinan meningkatkan kadar bikarbonat, kalsium, fluoride, magnesium, sodium, dan sulfat. 

Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika atau The Food and Drug Administration (FDA) memperkirakan setiap botol air mineral mengandung rata-rata kurang dari 250 parts per million (ppm) – konsentrasi massa kimiawi - dari total padatan terlarut dari sumber air alami.

Karena jumlah mineral yang tinggi, para ahli percaya bahwa air mineral memberikan sejumlah efek positif. Selain hidrasi, yang merupakan tujuan umum air, konsumsi air mineral dalam jumlah yang tepat secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan, dari jantung hingga tulang. 

Baca Juga: Pasca Gaet Utang US$ 100 Juta dari Adaro, TRAM Kemudian Meminjamkannya ke Anak Usaha

Manfaat air mineral untuk kesehatan 

Salah satu efek kesehatan yang mengejutkan dari air mineral adalah peningkatan kesehatan jantung. Studi sebelumnya menunjukkan, bahwa minum 17 hingga 34 ons air mineral berkarbonasi per hari membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada wanita pasca menopause. 

Para peserta juga memiliki kolesterol baik yang lebih tinggi di dalam tubuh mereka, yang melindungi mereka dari masalah jantung. 

1. Menjaga tekanan darah 

Para peneliti menemukan, bahwa konsumsi air yang tinggi magnesium dan kalsium secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Dalam satu penelitian, minum 34 ons air mineral alami setiap hari membantu 70 orang dewasa mengelola tekanan darah tinggi. 

2. Mendukung kesehatan tulang 

Manfaat kesehatan air mineral juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Itu karena jumlah kalsium, bikarbonat, dan magnesium yang tinggi. Kalsium sendiri dapat membantu membangun tulang yang lebih kuat di semua tahap kehidupan. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa tubuh manusia dapat menyerap kalsium dari air mineral yang mirip dengan produk susu. 

Baca Juga: Satu jam sebelum penutupan bursa, IHSG masih merah

3. Mengurangi sembelit 

Magnesium dalam air mineral dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Mineral ini bekerja dengan membiarkan air mengalir ke usus, yang membantu mengendurkan otot-otot usus, membuat tinja lebih lembut, dan meningkatkan pergerakan usus.   

Potensi Efek Buruk dari Air Mineral 

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan, minum air mineral juga dapat berdampak negatif bagi tubuh. Kekhawatiran terutama berfokus pada beberapa merek yang mengandung natrium dan mikroplastik dalam jumlah besar dari botol. 

Baca Juga: Emiten dengan jumlah saham publik jumbo tak selalu likuid, ini sebabnya

Partikel-partikel plastik kecil ini telah ditemukan tinggal di dalam tubuh untuk waktu yang lama dan terkait dengan peradangan yang lebih tinggi. Sehingga, sangat penting untuk memilih merek dan mengetahui kandungan yang aman untuk tubuh. 

Pilihlah merek air mineral yang sudah terpercaya atau kamu bisa mencari informasi kandungan melaui website merek terkait. (Bestari Kumala Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Penghilang Dahaga, Ini 3 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan"


Sumber : Kompas.com
Editor: Yoyok
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0024 || diagnostic_web = 0.1613

Close [X]
×