Style

Tak Perlu ke Gym, Alat Rumah Tangga ini Bisa Dipakai Olahraga

Rabu, 07 Juli 2021 | 21:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Tak Perlu ke Gym, Alat Rumah Tangga ini Bisa Dipakai Olahraga

ILUSTRASI. Tidak perlu ke gym, kita bisa memanfaatkan alat rumah tangga untuk berolahraga. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

KONTAN.CO.ID - Salah satu sarana berolahraga yang banyak digemari oleh masyarakat adalah tempat fitness atau gym. Namun, dengan adanya PPKM Darurat yang tengah berlangsung, rasanya sulit mengakses pusat kebugaran untuk berolahraga.

Eh, tapi jangan khawatir, Moms. Kita bisa kok mendapatkan manfaat berolahraga tanpa harus ke gym atau membeli peralatan khusus olahraga!

Caranya gampang, gunakan saja barang yang sudah ada di rumah sebagai pengganti alat olahraga. Walaupun tak sama, dijamin manfaatnya serupa.

Baca Juga: 4 Ide Kegiatan Di Rumah Saja Saat PPKM Darurat

Berikut ada beberapa alat rumah tangga yang bisa Moms gunakan untuk berolahraga. Simak, yuk!

Tangga rumah

Jika Moms punya tangga di rumah, Moms bisa memanfaatkannya untuk melakukan olahraga kardio. Caranya, cukup naik turun tangga beberapa kali dengan durasi beberapa menit. Dijamin, hanya dengan naik turun tangga Moms bakal berkeringat!

Selain terbukti ampuh untuk menguatkan otot kaki dan membakar lemak, olahraga dengan cara naik turun tangga juga bisa memperkuat jantung.

Botol air

Ingin latihan angkat beban di rumah, tapi tidak ada dumbell? Nah, Moms bisa menggunakan botol air bekas sebagai gantinya.

Botol air yang dipakai sebagai pengganti dumbell umumnya berukuran sekitar 600 ml. Untuk mendapatkan efek seperti dumbell, Moms bisa mengisi botol tersebut dengan air, pasir, atau batu. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Kalau botol air 600 ml dirasa terlalu ringan, Moms bisa menggunakan botol air 1,5 liter, lho! Tentu saja, sesuaikan dengan kemampuan diri sendiri, ya.

Baca Juga: Jalan Santai Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Kursi

Banyak gerakan olahraga yang bisa kita lakukan menggunakan kursi, lho. Jika Moms ingin melatih otot lengan, maka kursi adalah alat yang bisa Moms gunakan. Ada beberapa gerakan yang bisa kita latih dengan kursi, seperti push up dan tricep dips.

Namun, memilih kursi untuk olahraga tidak boleh sembarangan. Pastikan kursinya kokoh dan tidak mudah rusak supaya tidak mengganggu olahraga Moms, ya. Jangan gunakan kursi beroda juga supaya kursi tidak mudah berpindah tempat.

Nah, itu tadi alat-alat rumah tangga yang bisa Moms gunakan untuk berolahraga di rumah. Ternyata, jika kita kreatif, banyak hal di sekitar kita yang bisa kita manfaatkan, ya.

Jadi, kata siapa berolahraga itu mahal?

Selanjutnya: Hobi Berjemur Saat Pandemi? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

Editor: Kania Paramahita
Terbaru