Tak ribet, begini cara bayar pajak kendaraan untuk mobil dan motor secara online

Senin, 30 Agustus 2021 | 10:40 WIB Sumber: Kompas.com
Tak ribet, begini cara bayar pajak kendaraan untuk mobil dan motor secara online

ILUSTRASI. Beberapa Samsat di Indonesia sudah menerapkan cara bayar pajak kendaraan online, baik untuk motor maupun mobil. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


OTOMOTIF - JAKARTA. Di era digital seperti sekarang ini, kamu tak perlu repot lagi. Contoh saja, bayar pajak kendaraan kini semakin mudah. Beberapa Samsat di Indonesia sudah menerapkan cara bayar pajak kendaraan online, baik cara bayar pajak motor online maupun untuk mobil. 

Dengan cara bayar pajak kendaraan online, masyarakat tak harus datang dan antre ke Samsat sesuai domisilinya. Cara bayar pajak kendaraan online bisa dilakukan dari rumah melalui perangkat smartphone. 

Berikut ini mekanisme cara bayar pajak kendaraan onlinedi Samsat Online Nasional atau Samolnas, baik cara bayar pajak motor online maupon pajak tahunan mobil. 

  1. Pemohon mendownload aplikasi Samolnas
  2. Setelah terinstal di smartphone, klik mulai dan pendaftaran
  3. Pemohon bisa mengisi data di kolom yang tersedia antara lain nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan, dan klik "lanjutkan".
  4. Sistem akan memproses data selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan
  5. Muncul kode bayar yang berlaku selama 2 jam
  6. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank atau channel pembayaran lainnya dengan dikenakan biaya administrasi Rp 5.000
  7. Pemohon akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari
  8. Pemohon bisa mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirimkan Samsat melalui jasa ekspedisi ke alamat pemohon sesuai dengan yang tertera di STNK. 

Baca Juga: 7 Tips membeli mobil bekas agar keuangan tetap terjaga

Sebagai informasi, cara bayar pajak kendaraan online di Samolnas hanya berlaku untuk perpanjangan STNK tahunan dengan keterlambatan pembayaran pajak tidak lebih dari setahun. 

Untuk channel pembayaran, cara bayar pajak kendaraan online Samolnas ini sudah bekerja sama dengan sejumlah bank antaranya BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, dan ecommerce Tokopedia. 

Kemudian apabila alamat wajib pajak tak sesuai dengan yang tertera di STNK, pemohon bisa melakukan konfirmasi ke call center Samsat setempat. Proses pengiriman bisa memakan waktu selama 7 hari. 

Baca Juga: Makna kode pelat nomor kendaraan di Indonesia sesuai aturan terbaru

Selain menggunakan aplikasi Samolnas, beberapa daerah kini juga merilis aplikasi tersendiri untuk memfasilitasi cara bayar pajak kendaraan online, seperti penggunaan aplikasi Sakpole untuk Provinsi Jawa Tengah. Untuk pengecekan jumlah pajak yang harus bisa dilihat dalam tautan berikut ini.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bayar Pajak Kendaraan Online untuk Motor dan Mobil"
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

 

Selanjutnya: Pemprov Jakarta gelar pemutihan denda dan diskon pajak kendaraan, sampai kapan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru