kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tak tahu cara mengunggah video di YouTube? Mudah, kok, coba saja


Minggu, 21 Juli 2019 / 10:05 WIB
Tak tahu cara mengunggah video di YouTube? Mudah, kok, coba saja

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. YouTube, situs website berbagi video ini jadi idola masyarakat. Pengguna bebas menonton, mengunggah, dan berbagi video sepuasnya.

Dikutip dari www.youtube,com website ini digunakan lebih dari 1 milyar pengguna di seluruh dunia. Mereka memanfaatkan YouTube untuk menonton, berbagi, dan menggunggah video.

Asal tahu saja, YouTube menggratiskan seluruh fasilitasnya. Sehingga pengguna dapat mengunggah, menonton, dan berbagi video tanpa terbatas.

Youtube sering digunakan untuk mengunggah video indie si pengguna. Bukan hanya mempublikasikan videonya, mereka malah mendapatkan uang.

Sekedar informasi, Youtube akan memberikan bayaran untuk video yang mempunyai banyak penonton dan subcriber.

Sudah banyak pemilik akun YouTube yang telah membuktikannya, salah satunya adalah Atta Halilintar yang kini sangat terkenal.

Anda pun berkesempatan untuk mendapatkan bayaran dari YouTube. Asalkan, Anda rajin mengunggah konten video yang menarik.

Mengunggah video di YouTube cukup mudah. Pertama, Anda buka website YouTube, wwww.youtube.com melalui mesin pencari di komputer.

Kedua, Anda buat akun YouTube terlebih dahulu agar dapat mengunggah video. Caranya, Anda klik "Sign in" yang berada di ujung kanan halaman home YouTube.

Selanjutnya, Anda klik "Create account" dan lanjutkan klik "For my self" yang ada di dalam kotak Sign in.

Kemudian, Anda ketikkan nama, alamat email, dan password kemudian klik "Next". Setelah itu, Anda ketikkan nomor ponsel, alamat email, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Setelah itu, Anda lanjutkan dengan klik "Next".

Google akan menampilkan halaman verifikasi nomor ponsel yang Anda masukkan. Bila nomor tersebut sudah benar, Anda klik "Send".

Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui Short Message Service (SMS). Anda masukkan kode tersebut di kolom yang telah disediakan kemudian klik "Verify".

Anda lanjutkan dengan klik "Yes, I'm in" pada kotak Get more for your number. Setelah itu, Anda klik "I agree" pada kotak persetujuan atau Privacy and Terms. Proses pembuatan akun YouTube selesai, Anda siap untuk mengunggah video.

Ketiga, Anda klik ikon kamera yang berada di sebelah kanan atas layar. Lalu Anda klik menu "Upload video" untuk mulai mengunggah video ke YouTube.

Keempat, Anda arahkan kursor pada ikon bergambar tanda panah ke atas lalu klik ikon tersebut. Layar komputer akan menampilkan folder dokumen. Anda cari file video yang ingin diunggah kemudian akhiri dengan klik "Open".

Kelima, Anda isi kotak judul dan deskripsi sambil menunggu proses video dipindai dari folder. Sebaiknya, Anda membuat deskripsi video yang jelas. Lainnya, Anda juga wajib memasukkan kata kunci di kotak deskripsi.    

Kemudian anda masukkan kata kunci di kolom tag, serta unggah thumbnail sebagai sampul video. Sudah. 

Kelima, Anda klik "Publish" untuk mulai mengunggah video tersebut. 




TERBARU

Close [X]
×