HOME

Taman bunga nusantara menuju destinasi wisata baru Humbang Hasundutan

Jumat, 09 Agustus 2019 | 15:27 WIB   Reporter: Agustinus Respati, Ratih Waseso
Taman bunga nusantara menuju destinasi wisata baru Humbang Hasundutan

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - DOLOK SANGGUL. Humbang Hasundutan punya objek wisata nan eksotis dan bersejarah. Sebut saja, Geopark Sipinsur, Istana Raja Sisingamangaraja, dan Lembah Bakkara.

Tapi, kabupaten di Provinsi Sumatra ini bakal punya destinasi wisata baru yang tak kalah cantik. Wujudnya, berupa taman bunga nusantara yang berada di atas bukit, dengan latar belakang Danau Toba.

Menurut Hotman Hutasoit, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Humbang Hasundutan, lokasi taman bunga tersebut ada di Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung.

"Akan berdiri di atas lahan seluas 200 hektare," katanya kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019, Kamis (8/8).

Untuk itu, sejak tahun lalu, Pemerintah Humbang Hasundutan mulai membangun jalan ke bakal lokasi taman bunga nusantara itu. Tapi, akses dari Lembah Bakkara tersebut belum mulus alias ada pengaspalan.

Maklum, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Humbang Hasundutan sangat terbatas. "Kami harap, pembangunannya tahun depan jadi proyek pemerintah pusat," ujar Hotman.

Selain taman yang bakal berisi bunga-bunga khas dari seluruh nusantara, Hutasoit menambahkan, di lokasi yang sama Pemerintah Humbang Hasundutan sedang mengembangbiakkan sapi jenis Belgian Blue.

"Humbang Hansundutan menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang mendapat bantuan sapi Belgian Blue. Jumlahnya ada tiga ekor," imbuh dia.

Sapi potong asal Belgia ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian. Bobot sapi yang juga populer dengan nama Race de la Moyenne et Haute Belgique itu lebih dari satu ton.


Editor: Yudho Winarto


Terbaru