Sambut si panda, Taman Safari terus berbenah

Senin, 01 Februari 2016 | 20:27 WIB Sumber: Kompas.com
Sambut si panda, Taman Safari terus berbenah


JAKARTA.  Sepasang satwa panda yang direncanakan didatangkan dari China akan menempati lahan seluas 1,5 hektar di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat. Kandang panda tersebut berada di tempat tertinggi di kawasan Taman Safari Indonesia.

"Infrastrukturnya sudah ada ditempatkan di kandang yang bentuknya seperti rumah China. Luas lahannya sekitar 1,5 hektar. Tempatnya tinggi karena panda butuh suhu yang dingin," kata Marketing Executive Taman Safari Indonesia Group, Wisnu Wardana usai Media & Blogger Gathering di Jakarta, Sabtu (30/1).

Wisnu mengatakan lahan tersebut juga ditanami pohon-pohon bambu dari jenis yang didatangkan dari China dan juga jenis-jenis bambu di Indonesia untuk bahan pakan panda. Namun, ia belum dapat mengonfirmasi jenis tumbuhan bambu yang ditanam di lahan tersebut.

"Bangunan kandangnya juga berlantai tiga. Nantinya pengunjung bisa masuk dan naik. Pemandangannya gunung dari lantai tiga kandang," jelasnya.

Sayangnya, kedatangan panda di Taman Safari Indonesia, Jawa Barat diundur hingga akhir tahun 2016. Pasalnya, pihak Taman Safari Indonesia masih mempersiapkan infrastruktur dan transportasi panda menuju Indonesia.

"Rencananya kan akhir tahun kemarin, sekarang mudah-mudahan akhir tahun 2016. Kita masih siapkan infrastruktur seperti penanaman bambu untuk makan panda. Bambunya khusus dari China. Kita sudah tanam dari dua tahun lalu sebelum rencana pandanya datang," katanya.

Ia menambahkan persiapan pembuatan kandang panda di Taman Safari Indonesia telah selesai. Namun, yang menjadi tantangan selanjutnya adalah transportasi panda dari China ke Indonesia.

"Kita masih cari maskapai yang bisa membawa panda dari China. Karena kan selama perjalanan kan suhunya harus dingin untuk si panda. Sekarang kita buka kerja sama sama pihak maskapai," ungkap dia.

Sebelumnya, pada April 2015 lalu, pihak pengelola Taman Safari Indonesia memberikan informasi kepada KompasTravel, panda dari China akan hadir pada akhir tahun 2015. Namun, sampai saat ini, panda tersebut ternyata belum hadir.

Pantauan KompasTravel dari foto kandang panda yang ditunjukkan oleh Wisnu, terdapat sepasang patung panda di depan pintu masuk kandang. Rumah tersebut berarsitektur China dan beberapa bagian berwarna merah.

Taman Safari Indonesia terletak di Jalan Raya Puncak no 601, Cibereum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Selain di Bogor, terdapat juga Taman Safari Prigen dan Bali Safari Marine Park yang berada dalam pengelolaan satu grup. (Wahyu Adityo Prodjo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru