Tambah kapasitas, AirAsia sinergikan penerbangan dengan hotel di Lombok

Jumat, 04 Desember 2020 | 08:34 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Tambah kapasitas, AirAsia sinergikan penerbangan dengan hotel di Lombok

ILUSTRASI. Pesawat AirAsia.


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. AirAsia Indonesia ikut mendorong geliat ekonomi masyarakat di Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok dengan menambah jumlah inventory hotel-hotel di Lombok ke dalam platform airasia.com. Pada bulan Oktober dan November AirAsia telah menerbangkan 187 penerbangan dari dan ke Lombok dengan tingkat keterisian beberapa penerbangan di bulan November telah mencapai 70% sesuai kapasitas maksimal yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Jumlah penumpang AirAsia yang mengunjungi Lombok juga meningkat hampir 2 kali lipat dalam 2 bulan terakhir, dan diperkirakan terus meningkat di bulan Desember. Untuk mengantisipasi peningkatan ini, AirAsia telah menambah frekuensi penerbangan rute Lombok-Jakarta menjadi 14 kali per minggu dari sebelumnya 7 kali, dan telah melayani rute Lombok-Surabaya dengan frekuensi 4 kali per minggu. Selain itu, kini Lombok telah terhubung dengan Medan melalui Jakarta, dan segera terhubung ke kota-kota lainnya. 

Di bulan Desember ini AirAsia telah menyediakan kapasitas sebanyak lebih dari 10.000 kursi untuk penerbangan dari dan ke Lombok.

Baca Juga: Jakarta Setiabudi (JSPT) akan mengembangkan empat lahan di wilayah destinasi wisata

"Pertemuan dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat merupakan lanjutan kerja sama antara AirAsia dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang telah dimulai sejak lama. Kami merasa senang pernah menjadi bagian revitalisasi pariwisata Lombok di tahun 2019 dengan membuka konektivitas langsung ke Perth, Australia dan destinasi-destinasi wisata domestik di tanah air seperti Bali, Yogyakarta, dan Surabaya serta menambah frekuensi penerbangan ke hub AirAsia di Kuala Lumpur yang terhubung dengan ratusan kota di Asia dan dunia yang telah turut menambah sekitar 318 ribu penumpang dari dan ke Lombok tahun lalu," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga dalam keterangannya, Jumat (4/12).

"Kami yakin kita akan sama-sama kembali bangkit dari situasi saat ini dengan terus bersinergi, melakukan upaya promosi bersama produk dan layanan pelaku industri wisata, tidak hanya hotel namun produk pendukung seperti aktivitas, transportasi, dan lainnya, untuk mendorong dan mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat," lanjut dia.

Sebagai rangkaian kegiatan di Lombok AirAsia juga mengadakan acara pengenalan potensi kerja sama antara platform airasia.com dengan hotel-hotel di Lombok yang diselenggarakan di Hotel Golden Palace, Mataram pada 2 Desember 2020. Acara tersebut dihadiri oleh puluhan perwakilan manajemen hotel se-Nusa Tenggara Barat baik hotel independen maupun berjaringan yang beroperasi di Lombok.

Pada acara tersebut AirAsia menjelaskan update terkini dari platform airasia.com yang kini sudah mencakup berbagai layanan tambahan, serta menawarkan kerja sama untuk meningkatkan visibilitas sehingga memudahkan jutaan pelanggan AirAsia mengakses penawaran harga terbaik paket penerbangan dan hotel di Lombok.

Baca Juga: Pertahankan kinerja, Indonesian Paradise Property (INPP) fokus pada efisiensi

Adapun pola kerja sama yang ditawarkan yaitu hotel offer on ticket booking, yaitu pelanggan yang melakukan pemesanan tiket di airasia.com akan ditawari untuk melengkapi pembeliannya dengan akomodasi hotel sesuai destinasi penerbangannya. Lalu hotel independent, yaitu pelanggan yang telah memiliki tiket akan ditawari hotel dengan penawaran terbaik untuk dibeli secara terpisah. Berikutnya adalah SNAP, yaitu paket penerbangan AirAsia dengan hotel yang ditawarkan dengan harga lebih hemat dibandingkan jika dibeli secara terpisah.

Dengan bergabungnya lebih banyak hotel di platform airasia.com pelanggan akan dapat dengan mudah mengkombinasikan pembelian penerbangan AirAsia langsung dengan hotel yang ditawarkan sebagai paket dengan harga atraktif. Pelanggan juga tetap dapat membeli hotel secara terpisah dengan menambahkan hotel di tiketnya, atau membeli hotel saja tanpa tiket pesawat.

Dia bilang airasia.com mengutamakan kerja sama dengan hotel-hotel yang telah memenuhi protokol kesehatan dan menjalankan sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental Sustainability) serta mendukung gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) untuk menjamin kenyamanan para pelanggannya.

Pembelian tiket AirAsia kini dapat dilakukan melalui web dan aplikasi airasia.com atau agen perjalanan online dan konvensional. Setiap tamu AirAsia mendapatkan jatah bagasi gratis hingga 15 kg untuk penerbangan domestik di Indonesia serta diperbolehkan membawa dua buah barang bawaan ke dalam kabin pesawat dengan berat total maksimal 7 kg. Selain itu pelanggan juga dapat menikmati layanan rapid test atau swab PCR dengan penawaran harga khusus di berbagai kota.

Selanjutnya: Cuti Bersama Dipangkas, Pebisnis Pariwisata Makin Merana

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru