Gadget

Tampil lebih cantik, begini menu Start di Windows 10 versi baru

Jumat, 03 Juli 2020 | 13:22 WIB Sumber: PCMag
Tampil lebih cantik, begini menu Start di Windows 10 versi baru

ILUSTRASI. Tampil lebih cantik, begini menu Start Windows 10 versi baru

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Jika Anda pengguna Windows dari zaman XP atau versi di bawahnya seperti ME/98, tentu setuju tombol Start memiliki daya tarik tersendiri.

Di setiap generasi, sistem operasi Windows selalu menyisipkan Start dengan penampilan yang terus berubah. Perubahan terbesar terasa saat transisi Windows 7 ke Windows 8.

Tampilan Start di Windows 8 berubah drastis. Bahkan, tidak bisa disebut sebagai Start lagi melainkan home screen, mengingat tampilannya penuh satu layar.

Meski Microsoft mengembalikan tombol Start di Windows 8.1, kehadiran Windows 10 semakin menyempurnakannya. Tentu, dengan tampilan yang lebih cantik lagi.

Baca Juga: Menurut survey hanya sedikit yang menggunakan Windows 10 versi baru, kenapa?

Bahkan baru-baru ini, Microsoft kembali melakukan penyegaran untuk tampilan Start di Windows 10. Melalui update versi build 20161, tampilan Start di Windows 10 semakin cantik.

Microsoft kini berfokus ke penyesuaian warna pada tampilan Start yang baru. Antara tampilan Start dan latar ikon di dalamnya kini tampil selaras. Tidak seperti versi sebelumnya yang kelir latar ikon berbeda.

"Kami menciptakan penyegaran menu Start dengan desain yang lebih efisien dengan menghilangkan warna solid yang ada di latar ikon aplikasi dan menerapkan warna yang selaras, sebagian latar juga terlihat transparan," kata Brandon LeBlanc, Senior Program Manager Windows Insider.

"Desain ini menciptakan ruang yang indah untuk aplikasi-aplikasi yang Anda tampilkan," ujar LeBlanc seperti dikutip PCMag.

Baca Juga: Microsoft akan menutup toko offline di seluruh dunia

Melalui update ini, pengguna Windows 10 juga akan menemukan tampilan baru saat melakukan "Alt+Tab". Sayang, tampilan baru ini belum bisa pengguna nikmati di versi final. 

Pengguna baru bisa mencobanya di versi Insider Build. Versi di mana tim pengembang mencoba bereksperimen dan mendapatkan feedback dari pengguna sebelum rilis versi finalnya kelak.

Editor: Arif Budianto


Terbaru