Tanpa Perlu Joki, Ini Cara JItu Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi

Rabu, 15 Maret 2023 | 06:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tanpa Perlu Joki, Ini Cara JItu Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi

ILUSTRASI. Tanpa Perlu Joki, Ini Cara JItu Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi.


EDUKASI -  Test of English as a Foreign Language Paper Based Test (TOEFL) merupakan salah satu jenis sertifikasi bahasa Inggris yang banyak digunakan untuk melamar pekerjaan maupun beasiswa. 

Mendapatkan nilai tinggi pada TOEFL memang gampang-gampang susah. Perlu trik yang tepat agar nilai TOEFL bisa mendapat skor tertinggi dan sesuai harapan. Bahkan ada jasa joki tes TOEFL agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

Bersumber dari situs Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, TOEFL adalah sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seseorang menguasai bahasa asing tersebut. 

Baca Juga: Relative Pronouns: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat Relative Pronouns

Sertifikat ini merupakan dokumen penting yang sangat berpengaruh dalam urusan akademik bahkan karir. 

Menurut Waode Hamsia Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM Surabaya, semakin tinggi skor TOEFL seseorang, semakin lebih bermanfaat sertifikat tersebut karena akan mempermudah saat digunakan melamar kerja atau melamar beasiswa.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang lolos dalam program beasiswa atau rekrutmen kerja, berikut ini tips agar bisa mendapatkan nilai TOEFL tinggi. 

Tips dapat nilai TOEFL tinggi

1. Sering menonton film bahasa inggris. 

Menurut Waode, tips ini menjadi metode yang menyenangkan karena mobile friendly dan mampu meningkatkan kepekaan indera pendengaran karena terbiasa dengan bahasa asing sekaligus mendapatkan hiburan.

"Seseorang bisa memulainya dengan memahami percakapan tanpa subtitle, dengarkan percakapannya dan bagaimana mereka mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Jika ada yang tidak dipahami, segera catat dan cari artinya dalam kamus,”kata Waode, dikutip dari situs UM Surabaya.

2. Biasakan ngobrol dengan bahasa Inggris

Cara ini akan memudahkan sekaligus menerapkan dan mengoreksi pronunciation dan aksen dari setiap kosakata bahasa Inggris. 

Selain itu mengobrol bahasa Inggris dengan diri sendiri atau dengan orang lain akan membangun kepercayaan diri sekaligus membangun habit positif.

3. pilih genre favorit lagu berbahasa Inggris dan menyanyikannya setiap hari. 

Menurut Waode, nada lagu yang menyenangkan membuat otak lebih mudah menyerap setiap kosakata bahasa asing dan mudah untuk mengingat, karena setiap lagu memiliki kekuatan lirik dan emosi personal.

Baca Juga: Daftar Jurusan Saintek dan Soshum UI yang Sepi Peminat, Bisa Jadi Referensi

“Mendengarkan musik barat atau Inggris akan sangat membantu seseorang dalam memperlancar atau meningkatkan kosakata (vocabulary), selain itu langkah ini akan memperkuat listening seseorang menjadi lebih baik,”imbuhnya lagi.

4. Memperbanyak referensi bacaan berbahasa Inggris. 

Cara mendapatkan skor TOEFL tinggi selanjutnya adalah memperbanyak bacaan berbahasa Inggris.

Memperbanyak membaca buku bilingual atau novel bahasa Inggris, ubah menu pengaturan hp dengan bahasa Inggris.

“Agar tidak membosankan selama proses belajar, hindari novel-novel yang terlalu berat, cari genre yang disukai,”katanya lagi.

5. Pelajari serba-serbi tes TOEFL dan simulasikan. 

Waode menjelaskan untuk mencapai target ini seseorang perlu membuat target skor mandiri yang ingin diperoleh.

Lakukan uji speaking hingga reading setiap hari. Tetap belajar dengan konsisten setiap hari agar terbiasa dengan pola tes TOEFL.

“Usahakan belajar dengan disiplin, paling tidak alokasikan waktu minimal satu jam setiap hari untuk melatih kemampuan bahasa Inggris sehingga bisa lulus ujian TOEFL dengan nilai yang memuaskan,”pungkas Waode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru