Tawarkan Konsep Hunian Hijau, Grand City Balikpapan Jadi Opsi Hunian Dekat IKN

Selasa, 21 Maret 2023 | 12:22 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Tawarkan Konsep Hunian Hijau, Grand City Balikpapan Jadi Opsi Hunian Dekat IKN

ILUSTRASI. Kontan - Sinarmas Land Kilas Online


PROPERTI - Pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebelum 17 Agustus 2024. Rencana ini menandakan bahwa pemerintah serius mempercepat pembangunan IKN agar pemerataan ekonomi nasional segera tercapai. Dari sisi pembangunan, pemindahan IKN juga menjadi bukti pemerintah untuk menghilangkan stereotipe pembangunan yang Jawa-Sentris menjadi Indonesia-Sentris.

Dari sisi investasi, pemindahan IKN ke Kalimantan tentu menjadi magnet bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Terlebih pemerintah sudah merancang IKN sebagai smart city (kota pintar) yang diisi bermacam inovasi untuk keberlanjutan dan pengembangan SDM.

Bila terealisasi, Penajam Paser Utara dan kota satelit di sekitarnya dapat menjadi lokasi yang menarik untuk hunian atau perumahan. Masyarakat yang nantinya bekerja atau tinggal di kawasan IKN tentu membutuhkan tempat tinggal yang strategis agar praktis dalam beraktivitas.

Salah satu pengembang (developer) yang turut membangun hunian strategis di sekitar IKN adalah Sinar Mas Land. Dalam beberapa dekade terakhir, Sinar Mas Land memang konsisten menjadi developer yang menyajikan hunian dan properti eksklusif di wilayah strategis seperti Tangerang, Jakarta, Bekasi, Cibubur, Cikarang, Surabaya, Batam dan Balikpapan.

Selain konsisten menghadirkan hunian eksklusif, Sinar Mas Land juga konsisten meraih prestasi di ajang internasional dari beberapa proyek yang telah dibangun. Terbaru, Sinar Mas Land mendapat penghargaan pada ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2022 di antaranya Kategori Best Housing Development (Country Winner) untuk proyek klaster Enchante di BSD City, Kategori Best Office Development (Country Winner) untuk proyek Knowledge Hub di BSD City, Kategori Best Industrial Estate Development (Country Winner) untuk proyek Greenland International Industrial Center (GIIC) di Kota Deltamas Cikarang, Kategori Best Sustainable Developer (Country Winner) untuk PT. Bumi Serpong Damai Tbk, dan Kategori Best Boutique Developer (Country Winner) untuk PT. Bumi Parama.

Kontan - Sinarmas Land Kilas Online

Bangun hunian dekat IKN

Sinar Mas Land mulai mengembangkan kawasan township bernama Grand City Balikpapan (GCB) pada tahun 2014 lalu, sebelum adanya rencana pemindahan Ibu Kota Baru ke Kalimantan Timur. GCB nantinya diprediksi mampu menjadi township terbesar di Kalimantan Timur yang dekat dengan IKN.

Berlokasi di Batu Ampar Balikpapan Utara, GCB mengusung konsep hunian berkelanjutan dengan menerapkan konsep kawasan hunian hijau. Hal ini dibuktikan dengan adanya Green Belt Area sebagai area terbuka hijau yang dapat digunakan untuk aktivitas luar ruang serta food center yang berada di tepi danau sebagai destinasi hiburan dan kuliner.

Tak hanya kawasan hijau, GCB memberikan konsep hunian yang minimalis modern, namun tetap elegan. Bukan tanpa alasan, konsep tersebut kini menjadi pilihan masyarakat sebagai konsep hunian karena lebih mudah didekorasi.

Fasilitas hunian di GCB pun tak kalah menarik. Untuk mendukung gaya hidup bersih, developer memberikan fasilitas kamar mandi privat di kamar tidur, ruangan fungsional, dan wastafel di teras depan rumah. Hunian di sana juga menerapkan konsep green environment yang bernuansa hijau dan asri dengan pencahayaan alami yang optimal.

Untuk akses pendidikan, hunian di GCB juga dekat dengan beberapa sekolah dan kampus seperti Yayasan Iman Pengharapan dan Kasih IPEKA (0 km), SDN 015 Balikpapan (4,8 km), SMPN 11 Balikpapan (4,7 km), STIE Balikpapan (6 km), Universitas Balikpapan (6,4 km), serta Akbid Borneo Medistra (4,4 km). Bila ingin berbelanja, penghuni dapat mengakses fasilitas pusat komersial yang berada di Balikpapan Superblock (7 km) dan Mal Balikpapan Baru (4 km).

GCB juga dekat dengan beberapa fasilitas kesehatan, seperti RSU Kanujoso Djatiwibowo (1 km), Siloam Hospitals (3,5 km), serta RS Dr. R. Hardjanto (9,7 km).

Akses transportasi mudah

Salah satu pertimbangan masyarakat sebelum membeli rumah adalah akses jalan yang terintegrasi dan bebas macet. Hal itu pun sangat diperhatikan Sinar Mas Land sebagai developer. Dalam hunian GCB, terdapat Jalan Sinar Mas Land Boulevard yang terintegrasi dengan Jalan MT Haryono – Jalan Soekarno-Hatta KM 7 arah Samarinda atau sebaliknya.

Dengan kemudahan akses jalan tersebut, perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda dapat ditempuh dalam waktu yang singkat. Akses yang terintegrasi itu turut memudahkan penghuni menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan dan Gerbang Tol Manggar.

Untuk masyarakat yang ingin memiliki properti di GCB, kamu bisa memanfaatkan promo Smart Move Periode 1 yang berlaku hingga 31 Mei  2023 ini. Benefit smart yang bisa didapatkan antara lain cukup bayar 10 jutaan*,  DP dibayar oleh developer*, dan angsuran mulai dari 3 jutaan*.

Tak hanya itu, Sinar Mas Land turut menggandeng sejumlah perbankan untuk mempermudah dalam melakukan transaksi. Bank yang turut berpartisipasi diantaranya BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, Mandiri, Danamon, OCBC NISP, Maybank, Bank Sinarmas, BNI, BRI, Bank BTN, Bukopin, UOB, BSI, Panin, Commonwealth, CCB Indonesia dan Bank Woori Saudara (BWS).

Untuk mengetahui informasi lebih detail, bisa hubungi nomor 0542-8810999 atau kunjungi website Sinar Mas Land dan e-Catalog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru