Taylor Swift, musisi perempuan termahal di dunia

Sabtu, 05 November 2016 | 18:45 WIB   Reporter: Mona Tobing
Taylor Swift, musisi perempuan termahal di dunia


NEW YORK. Satu dari single Taylor Swift, Wildest Dream, telah menjadi kenyataan baginya. Betapa tidak, Swift berhasil meraup pendapatan terbesar di industri musik dunia dengan pendapatan mencapai US$ 170 juta. Majalah Forbes pun menyebut Swift sebagai perempuan dengan bayaran tertinggi.

Seperempat pendapatan Swift berasal dari turnya bertajuk 1989 dan mengalahkan Rolling Stone's. Mantan penyanyi country ini berhasil mengumpulkan pendapatan lebih dari US$ 200 juta selama konsernya di Amerika Utara.

Pendapatan Swift bisa lebih besar mengingat penjualan albumnya mencapai 3 juta keping. Plus, menjadi ikon dari brand Keds, DietCoke dan Apple.

Lori Landew, pengacara dari Fox Rothschild, menilai, kunci sukses Swift berasal dari basis fansnya yang telah dibangun bertahun-tahun. Penyanyi 26 tahun ini berhasil menembus pasar musik lintas segmen, baik yang muda maupun generasi lebih dewasa. Hal ini membuat promotor konser dan merek ternama ingin menjadi bagian dari Swift.

"Penyanyi perempuan saat ini punya pengaruh besar di industri musik dan budaya saat ini," kata Landew.

Posisi kedua ditempati oleh Adele dengan bayaran mencapai US$ 80,5 juta. Penyanyi asal Inggris ini mencetak pendapatannya berdasarkan penjualan albumnya. Album Adele menjadi album terlaris sepanjang tahun 2015. Posisi ketiga ditempati penyanyi kawakan Madonna dengan pendapatan US$ 170 juta.

Rihanna menempati posisi keempat dengan pendapatan US$ 75 juta. Lalu, Beyonce berada di posisi kelima dengan pendapatan US$ 54 juta. Queen B, julukan untuk Beyonce, baru saja merilis album keenamnya berjudul Lemonade. Ia diperkirakan bakal menjadi penyanyi dengan bayaran termahal tahun depan. Sebab, rangkaian tur dunianya ditaksir meraup pendapatan US$ 250 juta.

Sebagai informasi, Forbes menghitung pendapatan musisi mulai dari 1 Juni 2015 dan berakhir 1 Juni 2016. Pendapatan musisi perempuan tersebut dihitung sebelum pajak dan biaya manajemen. Forbes mengacu pada data dari Pollstar, Nielsen dan RIAA yang dilengkapi dengan wawancara dengan sejumlah manajer, agen, pengacara dan bintang itu sendiri.

Bintang lain yang masuk posisi 10 besar pendapatan terbesar adalah Celine Dion, Britney Spears, Shania Twain dan Jennifer Lopez. Sedangkan Katy Perry terlempar dari penyanyi dengan bayaran tertinggi karena tidak menjalani tur. Ia tengah sibuk menggarap album terbarunya.

Tidak ketinggalan, penyanyi Carrie Underwood, Nicki Minaj, Mariah Carey, Dolly Parton, Miranda Lambert, Selena Gomez, G.E.M. dan Halsey yang juga menerima jutaan pendapatan. Nama-nama tersebut bisa saja menjadi penyanyi dengan bayaran termahal, apalagi saat ini tur mereka masih berlangsung.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru