Tekan efek radiasi dengan kalium iodida

Selasa, 22 Maret 2011 | 09:24 WIB Sumber: Harian KONTAN, 22 Maret 2011
Tekan efek radiasi dengan kalium iodida

ILUSTRASI. Pemimpin Korut Kim Jong Un. KCNA/via REUTERS


Demi mencegah dampak buruk yang lebih luas akibat kebocoran reaktor nuklir Fukushima Daiichi, Pemerintah Jepang memberikan kalium iodida kepada warga di sekitar lokasi. Kalium iodida adalah bentuk umum dari garam, dengan istilah kimia KI.

Keistimewaannya, zat ini dapat melindungi kelenjar tiroid dari efek buruk proses radiasi. Sebab, yodium radioaktif pada proses radiasi dapat memicu kanker kelenjar tiroid.

Dalam melindungi kelenjar tiroid, kalium iodida bakal memenuhi kelenjar dengan yodium non-radioaktif. Yodium ini berfungsi untuk mengurangi penyerapan yodium radioaktif yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Produk garam dapur yang biasa digunakan untuk keperluan memasak, biasanya sudah mengandung zat kalium iodida dalam takaran yang berbeda. Selain terdapat pada produk garam dapur, kalium iodida juga dapat ditemukan pada vitamin bayi yang dijual secara umum. Kalium iodida berperan penting pada pengembangan neurokognitif normal anak. Para peneliti meyakini, pemberian zat ini dapat mencegah keterbelakangan mental pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru