Telegram Fasilitasi Para Pencari Beasiswa dengan Berbagai Fitur

Minggu, 29 Mei 2022 | 21:35 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Telegram Fasilitasi Para Pencari Beasiswa dengan Berbagai Fitur

ILUSTRASI. A 3D printed Telegram logo and keyboard buttons are placed on a computer motherboard in this illustration taken January 21, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


BEASISWA - JAKARTA. Setiap tahun, ribuan masyarakat Indonesia mengajukan beasiswa untuk belajar di luar negeri. Tahun lalu, sebanyak 63.060 orang mendaftar di situs web Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

LPDP adalah beasiswa Kementerian Keuangan. Dan merupakan salah satu beasiswa yang paling terkenal serta paling banyak peminat di tanah air.

Chevening Award dari Foreign, Commonwealth, and Development Office Britania Raya dan Beasiswa Fulbright MINEF juga merupakan beberapa program beasiswa yang paling populer di Indonesia. LPDP Indonesia membuka pendaftaran di bulan Juli setiap tahun. Sedangkan pendaftaran beasiswa Chevening Awards mulai Agustus 2022.

Salah satu cara untuk memastikan proses persiapan beasiswa dengan bergabung ke komunitas. Mereka akan saling mengingatkan dan mendukung selama proses berlangsung. 

Nah, Telegram memiliki berbagai grup terkait beasiswa. Tinggal cari kata untuk grup. Seperti “LPDP”, “Beasiswa”, atau “Chevening”.

Dalam rilis, yang diterima Kontan.co,id, Rabu (25/5), Telegram membagkan tips mencari beasiswa agar semakin lancar.

- Tetap Aman Sembari Mencari Dukungan
Bergabung dengan komunitas dapat memberikan berbagai manfaat. Tdak hanya dapat menemukan orang lain yang juga sedang menjalani proses pendaftaran beasiswa mereka, juga dapat menemukan orang-orang yang mendaftar ke universitas dan bahkan jurusan yang sama.

Dengan Telegram, semua ini dapat dilakukan sambil menjaga keamanan data pribad. Ini karena nomor telepon pengguna tidak akan terlihat oleh orang yang tidak terdaftar dalam kontak telepon genggam Anda.

- Mendapatkan Jawaban akan Pertanyaa
Grup Telegram dapat menampung hingga 200.000 anggota. Sehingga akan ada banyak orang yang dapat membantu di setiap langkah.

- Menemukan Informasi
Salah satu kelebihan Telegram adalah sistem chat yang berbasis cloud atau cloud chat. Dengan fitur ini, anggota grup yang baru saja bergabung dalam ruang obrolan tertentu dapat melihat riwayat obrolan atau obrolan sebelum bergabung.

- Tetap Sesuai Tenggat Waktu
Dengan ribuan orang yang sedang menjalani proses yang sama, pengguna akan selalu diingatkan tentang tenggat waktu yang akan datang oleh yang lain.

- Setelah Diterima Universitas Impian
Dukungan Telegram untuk perjalanan pendidikan tinggimu tidak berhenti ketika pengguna sudah diterima di universitas impian. Banyak bot kustomisasiyang memiliki berbagai fungsi yang berbeda. Dan dapat membantu. Jika kamu mengaktifkannya, CheveningBot akan menanyakan sebanyak dua kali dalam sebulan apakah pengguna ingin bertemu dengan Chevener lain. Jika ya, bot dapat menemukan buddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru