Tema Hari Pendidikan Nasional 2023 dan 12 Caption Hardiknas untuk Diunggah di Sosmed

Jumat, 28 April 2023 | 07:49 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tema Hari Pendidikan Nasional 2023 dan 12 Caption Hardiknas untuk Diunggah di Sosmed

ILUSTRASI. Logo Hari Pendidikan Nasional 2023


PENDIDIKAN - Tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Sementara untuk logo Hari Pendidikan Nasional 2023 bisa diunduh di artikel ini. 

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei. Hal ini berdasarkan Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959 sebagai wujud kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. 

Baca Juga: Biografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Tujuan peringatan Hari Pendidikan Nasional bukan semata-mata untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

Lantas, seperti apa caption Hari Pendidikan Nasional dan logo Hari Pendidikan Nasional 2023? 

Baca Juga: Perhatikan, Ini Ketentuan Memilih Pusat UTBK SNBT 2023 dan Lokasi Lengkapnya

Logo dan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 


Logo Hari Pendidikan Nasional 2023

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Menristekdikti) melalui Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 menetapkan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar".

Selain itu, Menristekdikti juga menetapkan bulan Mei 2023 sebagai waktu pencanangan bulan Merdeka Belajar. Sementara untuk logo Hari Pendidikan Nasional 2023 bisa diunduh melalui link berikut ini. 

Menristekdikti juga menetapkan himbauan pelaksanaan upacara bendera, hingga ragam aktivitas lainnya di peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. 

Baca Juga: Intip 6 Inspirasi Kostum Pahlawan, Cocok Dipakai Saat Hari Pahlawan

Ucapan dan caption Hari Pendidikan Nasional 2023 

Sementara itu, berikut adalah ucapan dan caption Hari Pendidikan Nasional 2023 seperti dirangkum dari laman Tribunnews

  1. Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan." - Tan Malaka
  2. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. Jadikan setiap tempat adalah sekolah. Jadikan setiap orang sebagai guru. 
  3. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. "Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani"
  4. Belajar itu tidak mengenal tempat dan waktu. Yakinlah setiap tempat bisa menjadi sekolah serta setiap orang dapat menjadi guru. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. 
  5. Belajar tak selalu mudah, dan ini saatnya kita mendengar nurani. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. Mari pimpin pemulihan, bergerak untuk Merdeka Belajar.
  6. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. "Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat)." - Ki Hadjar Dewantara. 
  7. Pendidikan merupakan jalan panjang menuju kemakmuran, penyemai generasi pembangun peradaban, dan pelukis masa depan bangsa. Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei. 
  8. Ilmu tanpa amal adalah omong kosong belaka, sedangkan amal tanpa ilmu merupakan sebuah kesesatan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023. 
  9. Di momen peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, mari kita gunakan untuk meningkatkan kualitas diri untuk tetap terus belajar hingga akhir hayat.
  10. Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk para pendidik, orang-orang terdidik, dan orang-orang yang seharusnya mendapatkan hak didik.
  11. Pendidikan adalah elemen penting dalam kehidupan, dalam melahirkan generasi yang unggul, cerdas dan berkarakter, memiliki semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023.
  12. Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan. - Najwa Shihab
  13. Hiduplah seakan kamu akan mati besok, belajarlah seakan kamu hidup selamanya. - Mahatma Gandhi

Demikian ulasan mengenai tema Hari Pendidikan Nasional 2023 dan caption Hari Pendidikan Nasional 2023 yang bisa diunggah di media sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru