Terbang dengan balon udara, menyusuri kota mafia

Rabu, 27 April 2011 | 09:20 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, 25 April - 1 Mei 2011
Terbang dengan balon udara, menyusuri kota mafia

ILUSTRASI. Ada potongan harga sebesar Rp 300.000 untuk setiap pembelian Vivo S1 Pro.


Biro perjalanan mulai lebih fokus menawarkan paket wisata luar negeri. Isi paketnya hanya kunjungan ke dua atau satu negara. Tapi, masih ada paket yang menyediakan destinasi ke beberapa kota dan negara sekaligus.

Sebentar lagi bulan Juni akan tiba. Musim liburan sekolah pun menjelang. Buah hati tercinta, yang saat ini sedang berjuang mengikuti ujian, pasti telah menantikan masa liburan panjang tersebut.

Orangtua sering mengemas acara berlibur bersama, terutama ke luar negeri, sebagai hadiah bagi anak-anaknya. Namun, ada pula keluarga yang menjadikan liburan ke luar negeri sebagai acara rutin saban tahun.

Apa pun tujuannya, perjalanan liburan ke luar negeri yang meningkat pesat di masa libur sekolah tersebut menjadi peluang besar bagi perusahaan biro perjalanan untuk menggenjot omzet mereka. Tak mau menyia-nyiakan peluang, biro perjalanan pun menggelar pameran paket wisata sebelum musim liburan tiba.

Mereka berlomba menawarkan pilihan paket liburan yang paling menarik untuk memikat konsumen. Maklum, meski liburan tengah tahun tidak seramai liburan Lebaran, masa liburan ini tetap memberi rezeki yang lumayan bagi mereka.

Ambil contoh Anta Tour. Saban tahun, peserta tur luar negeri lewat perusahaan ini selalu tumbuh dua digit. “Rata-rata sekitar 30%, termasuk tahun lalu,” kata Mulyawan, Assistant Vice President Anta Tour Management. Tahun ini, Anta Tour menargetkan bisa menjaring 2.500 pelanggan.

Kebanyakan para pelancong itu menyukai pelesiran ke Benua Eropa. Selain banyak tujuan menarik, ongkos bepergian ke Benua Biru relatif lebih murah ketimbang ke Jepang atau Australia yang lebih dekat. Pertimbangan lain, dalam paket tur ke Eropa, peserta tur bisa mengunjungi beberapa kota di beberapa negara sekaligus. Paket ini paling laris.

Kebanyakan orang yang baru pertama kali menjejakkan kaki ke tanah Eropa pasti merasa sayang jika cuma mengunjungi satu negara. Mereka ingin mengunjungi beberapa negara sekaligus. Toh, karena negara di Eropa berdekatan, biayanya tidak semahal jika pergi ke Amerika Serikat.

Ada pula alasan lucu yang sering mendorong keluarga suka bepergian ke beberapa negara di Eropa sekaligus. “Supaya paspornya penuh cap imigrasi,” ucap Meity Monica Lukito, Managing Director Leisure Travel Management

PT Tirta Putra Wisata, pengelola Panorama Tours. Alasan lain, mereka bisa mengabadikan pemandangan dan kota di beberapa negara Eropa sekaligus. Bisa menunjukkan album foto yang berisi pemandangan banyak negara tentu membanggakan.

Meski menjadi dagangan favorit, biro perjalanan tak berkutat menggarap paket-paket wisata. Kini mereka juga menawarkan paket-paket liburan spesial yang unik. Misalnya, paket mengunjungi hanya satu atau dua kota tertentu.

Isi paket wisata itu, biasanya, lebih fokus. Tujuannya tak lain agar si pelancong bisa menikmati sebuah tempat, kota, atau negara dengan lebih dekat dan lebih lama. Mereka tak lagi makan pagi di Paris, makan siang di Amsterdam, dan esok paginya sudah berada di London untuk sekAdar menyeruput teh.

Belajar bermain ski

Paket wisata luar negeri yang lebih terarah seperti inilah yang kini tengah digarap Panorama Tours. Panorama Tours menawarkan beberapa paket tur luar negeri terbaru, baik tujuan negara-negara Asia, Eropa, Australia, maupun Amerika.

Panorama tak asal membungkus paket tur. Mereka lebih dulu melakukan riset pasar dengan menanyai setiap konsumen yang pernah memakai jasa Panorama. Dengan cara ini Panorama kemudian menawarkan paket-paket yang memang disukai oleh konsumen.

Misalnya, ada paket 12 hari menelusuri sejarah panjang mafia di Italia. Isinya komplet, mulai dari menelusuri jejak-jejak mafia Italiano hingga berkunjung ke Pulau Sisilia. Dengan mengikuti tur ini, Panorama Tours berharap para pelancong juga bisa merasakan secara lebih dekat aura Negeri Pizza tersebut.

Ada pula pilihan paket tur yang menyertakan beberapa negara Eropa, seperti Belanda, Belgia, Prancis, dan Spanyol, sebagai tujuan. Namun,destinasi yang dipilih tergolong unik. Contohnya, saat ada di Negeri Matador, Anda bakal menyaksikan atraksi banteng lari di Kota Pamplona atau menonton adu banteng di Madrid. Jika pilihan paket ini tak cocok untuk Anda dan keluarga, masih ada beberapa pilihan lainnya.

Contoh lainnya adalah menyaksikan dari dekat Negeri Anggur, Prancis, selama dua pekan penuh. Anda bisa pula menyusuri kota-kota di Negeri Kanguru, Australia, dengan balon udara.

Dwidaya Tour juga menempuh jurus serupa. Misalnya, perusahaan ini menawarkan paket wisata mengubek-ubek Kota Melbourne, Australia, selama lima hari. Selain melihat dari dekat suasana kota di area selatan benua terkecil ini, Anda dan keluarga bisa belajar ski di Mount Buller, salah satu puncak pegunungan Alpine.

Golden Rama pun tak mau ketinggalan menghadirkan paket wisata menarik di liburan tengah tahun ini. Salah satu paket wisata andalan mereka di Benua Eropa adalah mengunjungi Kota Casablanca, Maroko, hingga ke Barcelona, Spanyol. Sebelum sampai ke Barcelona, Anda bakal singgah dulu di Kota Lisabon, Portugal.

Selain negara Eropa Barat, biro perjalanan juga menawarkan paket wisata ke negara Eropa Timur serta Skandinavia. Tempat wisata ini makin banyak diminati lantaran memiliki daya tarik berupa pemandangan kota dan bangunan yang khas bergaya Eropa Timur.

Ada tujuan wisata lain yang menurut Golden Rama menarik, yakni menelusuri Timur Tengah, seperti ke Yordania serta Suriah. Tapi, gara-gara kawasan itu sedang bergejolak, Golden Rama terpaksa menghapus paket ini. “Peminatnya padahal ada, lo,” kata Dody Dermawan, Leisure Tour Manager Golden Rama.

Di samping tawaran paket-paket seperti itu, sebetulnya masih ada banyak paket wisata lain yang bisa dipilih. Tentu saja, tujuan paket wisata ini harus disepakati oleh seluruh anggota keluarga yang lain. Jangan sampai ada anggota keluarga yang bete lantaran tidak menyukai tujuan wisata yang dipilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru