CLOSE [X]

Terhindar dari Cedera, Ini Tips Mendesain Kamar Mandi yang Aman dan Nyaman

Senin, 23 Mei 2022 | 15:19 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Terhindar dari Cedera, Ini Tips Mendesain Kamar Mandi yang Aman dan Nyaman

ILUSTRASI. Berikut tips untuk mendesain kamar mandi yang aman dan nyaman. Foto: Instagram @vigoindustries


KONTAN.CO.ID - Kamar mandi termasuk salah satu area di rumah yang selalu digunakan setiap hari.

Walaupun terlihat biasa saja, kamar mandi dapat menjadi sumber berbagai kecelakaan yang ada di rumah, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas seperti lansia dan orang sakit.

Untuk meminimalisir risiko kecelakaan dan cedera tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendesain kamar mandi yang lebih aman. Desain kamar mandi yang aman ini tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kecelakaan, tapi juga membuat kamar mandi lebih nyaman.

Baca Juga: 6 Hal yang Bikin Rumah Gampang Berdebu, Rutin Bersihkan Yuk!

Jadi, kira-kira seperti apa desain kamar mandi yang aman sekaligus nyaman untuk seluruh penghuni rumah? Berikut penjelasannya.

Hindari terlalu banyak undakan

Dikutip dari Arch Daily, salah satu hal utama yang perlu diperhatikan dalam desain kamar mandi adalah kemudahan penghuni rumah dalam mengaksesnya. Hal ini bisa dicapai dengan mendesain kamar mandi yang minim undakan.

Memang, kamar mandi sebaiknya memiliki lantai yang lebih rendah dari area lain di rumah supaya air tidak mudah merembes keluar kamar mandi. Namun, perhatikan tinggi dan jumlah undakannya supaya penghuni rumah tidak perlu melangkahkan kakinya terlalu tinggi atau terlalu rendah saat keluar-masuk kamar mandi.

Pasang pegangan

Bagi para lansia dan orang yang sedang sakit, berjalan di dalam rumah dengan lantai yang kering saja bisa menjadi masalah, apalagi jika berjalan di kamar mandi yang cenderung basah dan rentan membuat tergelincir.

Dilansir dari Concept Bath, masalah tersebut dapat diatasi dengan cara memasang grab bar atau pegangan di sepanjang dinding dan dekat kloset supaya penghuni rumah bisa berpegangan dengan aman di kamar mandi. Pastikan pegangan tersebut dipasang dengan kuat dan bisa diraih dengan mudah, terutama dari kloset.

Baca Juga: Trik Menggunakan AC Supaya Tidak Boros Listrik, Simpel Loh!

Gunakan keramik lantai anti-selip

Selain memasang pegangan atau grab bar untuk meminimalisir risiko tergelincir di kamar mandi, Anda juga bisa menggunakan keramik lantai yang anti-selip. Artinya, keramik lantai untuk kamar mandi sebaiknya memiliki tekstur yang kasar sehingga tidak terlalu licin saat dipijak.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan lantai keramik yang memiliki warna kontras dengan dinding dan perlengkapan kamar mandi untuk membantu lansia dan orang yang sulit melihat dengan jelas di kamar mandi.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

Gunakan keset anti-selip

Keset kaki yang basah kerap menjadi penyebab utama tergelincir, terutama saat akan keluar-masuk kamar mandi.

Sebagai langkah ekstra untuk mencegah tergelincir, Anda bisa menambahkan keset dengan alas anti-selip atau non-slip. Keset jenis ini biasanya didesain supaya tidak mudah bergeser di atas permukaan yang licin, sehingga dapat membantu melindungi Anda saat mengeringkan kaki di atasnya.

Optimalkan pencahayaan

Dikutip dari Home Design Lover, pencahayaan kamar mandi yang suram dan gelap dapat mempengaruhi keamanan Anda. Misalnya, karena sulit melihat, Anda bisa saja tersandung atau tergelincir di dalam kamar mandi.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamar mandi Anda memiliki pencahayaan yang optimal. Selain mengandalkan pencahayaan alami, Anda juga bisa memasang lampu dengan tingkat pencahayaan yang terang.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendesain kamar mandi yang aman dan nyaman. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru