Terindikasi menggunakan doping, Andrea Iannone dilarang tampil di MotoGP 2020

Rabu, 18 Desember 2019 | 16:57 WIB Sumber: Kompas.com
Terindikasi menggunakan doping, Andrea Iannone dilarang tampil di MotoGP 2020

ILUSTRASI. Motor GP/MotoGP


OLAHRAGA - JAKARTA. Federasi Olahraga Motor Dunia (FIM) menjatuhkan hukuman larangan balapan hingga waktu yang belum ditentukan untuk pebalap Aprilia Gresini, Andrea Iannone. Hukuman tersebut didapat Iannone setelah hasil tes urin pada MotoGP Malaysia November lalu bermasalah. 

Dikutip dari situs web Crash, Otoritas Anti-Doping Dunia (WADA) menyatakan urin Iannone mengandung Steroid Androgenik Anabolik Eksogen (AAS). Atas hasil itu, FIM menghukum Iannone tidak boleh balapan di seluruh ajang balap motor termasuk MotoGP. 

Baca Juga: MotoGP 2020 dimulai bulan Maret, ini jadwal lengkapnya

Meski begitu, Iannone masih bisa dan memiliki hak untuk mengajukan banding dengan meminta tes kedua. Menanggapi hukuman ini, Iannone langsung memberi pernyataan terbuka lewat akun instagram pribadinya. 

Iannone mengaku tidak panik dan yakin masalah ini akan selesai setelah dirinya mengajukan tes ulang. Tidak hanya itu, Iannone juga merasa diperlakukan tidak adil oleh FIM. Pasalnya, Iannone tidak mendapat surat resmi dari FIM ataupun WADA. 

"Saya ingin meyakinkan fans dan tim Aprilia Racing jika saya tidak panik menghadapi situasi ini. Saya orang yang terbuka namun kali ini saya cukup terkejut karena tidak ada komunikasi resmi," tulis Iannone dalam keterangan foto di Instagram-nya. 

Baca Juga: Wishnutama: MotoGP di Mandalika akan jadi event terbaik yang pernah ada

"Dalam beberapa musim terakhir, saya selalu pebalap yang harus melakukan tes, dan hasilnya negatif. Saya percaya diri saya bisa keluar dari masalah ini. Saya ingin fans dan Aprilia Racing tetap tenang," tulis Iannone mengakhiri. 

Hasil tes ini tentunya membuat masa depan Andrea Iannone di MotoGP menjadi abu-abu. Pasalnya, Iannone hanya menyisakan kontrak satu tahun lagi atau hingga akhir musim 2020 bersama Aprilia Racing. Padahal, Iannone baru saja bergabung dari Suzuki Ecstar ke Aprilia Racing musim lalu. 

Jika Aprilia Racing melepas Iannone, Bradley Smith kemungkinan menjadi pebalap yang dipilih untuk mendampingi Aleix Espargaro pada MotoGP 2020 mendatang. (M. Hafidz Imaduddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gagal Tes Doping, Andrea Iannone Dilarang Tampil di MotoGP 2020"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru