Terletak di Benua Afrika, Ini Negara yang Merdeka 17 Agustus Selain Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 | 13:47 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Terletak di Benua Afrika, Ini Negara yang Merdeka 17 Agustus Selain Indonesia

ILUSTRASI. Terletak di Benua Afrika, Ini Negara yang Merdeka 17 Agustus Selain Indonesia. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Hari Kemerdekaan- JAKARTA. Simak negara yang merdeka 17 Agustus selain Indonesia. Gabon menjadi salah satu negara yang memiliki kesamaan dengan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, sebagai peringatan deklarasi kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda pada tahun 1945.

Tanggal ini menjadi momen penting dalam sejarah Indonesia, di mana proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

Tentunya, ini menjadi kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk merayakan identitas nasional dan mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Memiliki Strategi untuk Meraih Indonesia Emas Tahun 2045

Bendera Gabon

Ternyata, ada satu negara yang merdeka 17 Agustus selain Indonesia, yakni Gabon yang berada di bagian Afrika tengah.

Meski memiliki selisih sekitar 15 tahun dengan kemerdekaan Indonesia, Gabon memiliki sejarah yang cukup kuat untuk melepaskan diri dari kolonial Prancis.

Gabon meraih kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1960 dari status kolonial Prancis. Proses perjuangan kemerdekaan Gabon melibatkan serangkaian langkah politik dan diplomasi, serta upaya perjuangan dari tokoh-tokoh nasional dan rakyat Gabon.

Sama seperti Indonesia, Gabon meraih kemerdekaan 17 Agustus 1960 dengan berbagai rangkaian.

Baca Juga: Menilik Pakaian Adat yang Pernah Dipakai Jokowi dalam Acara Kenegaraan

Rangkaian kemerdekaan Gabon 17 Agustus 1960

Melansir dari National Today, Portugis menjadi negara pertama yang datang dengan Diego Cam sebagai pemukim Eropa pertama di Gabon pada tahun 1472. Mereka menamai tempat itu 'Gabon' setelah istilah Portugis 'Gabão' yang berarti 'jubah'.

Menariknya, pembukaan Sungai itu juga disebut 'Rio do Gabao' atau hanya 'Gabao.' Orang Portugis mendirikan perkebunan gula dan mengembangkan perdagangan di daratan.

Perdagangan budak ini menarik perhatian penjajah Prancis, yang pada akhirnya menjadi katalis bagi pemerintahan mereka selama seabad di Gabon.

Pada tahun 1839, penguasa lokal di Gabon menandatangani kedaulatan dan memberikan izin kepada Prancis untuk memerintah negara tersebut.

Baca Juga: Kronologi Peristiwa Penting Sebelum Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada tahun 1875, seorang penjelajah Prancis bernama Pierre Savorgnan de Brazza memulai ekspedisinya ke Gabon, dan sementara itu, ia juga mendirikan Franceville, salah satu kota terbesar di negara tersebut.

Gabon secara resmi menjadi koloni Prancis pada tahun 1885, dan akhirnya menjadi salah satu dari empat koloni di Afrika Khatulistiwa Prancis pada tahun 1910.

Aturan Prancis menghadapi perlawanan kecil dari warga Gabon. Namun, kerja paksa dan pajak tenaga kerja untuk kesehatan masyarakat menyebabkan campur tangan yang cukup besar dari masyarakat.

Bertahun-tahun kemudian, sebuah kelompok elit dibentuk untuk mempromosikan gerakan 'pro-Prancis' tetapi 'anti-kolonialis'. Anggota kelompok ini kemudian menjadi politisi selama Republik Prancis Keempat dari tahun 1946 hingga 1958 ketika Gabon menjadi wilayah luar negeri Prancis, tetapi dengan perwakilan dan majelisnya sendiri.

Pada tahun 1958, Gabon menjadi republik otonom Prancis. Akhirnya, pada 17 Agustus 1960, setelah serangkaian perjanjian kerja sama, Gabon diberikan kemerdekaan dan kedaulatan penuh.

Muncul tokoh seperti Leon M'ba sebagai presiden dan perdana menteri pertama Gabon.

Berikut adalah beberapa tahapan dalam perjuangan Gabon meraih kemerdekaan 17 Agustus:

  1. Perlawanan Terhadap Pemerintahan Kolonial: Selama periode penjajahan Prancis, masyarakat Gabon terlibat dalam gerakan perlawanan dan protes terhadap penjajahan. Beberapa kelompok dan individu mulai berbicara tentang pentingnya kemerdekaan dan kedaulatan nasional.
  2. Pemimpin Nasional: Leon M'ba merupakan salah satu tokoh kunci dalam perjuangan kemerdekaan Gabon. Tokoh nasionalis ini memimpin perjuangan untuk kemerdekaan dan memainkan peran penting dalam perundingan dengan Prancis.
  3. Adanya perundingan Diplomatik: Melalui perundingan diplomatik antara pihak Gabon dan Prancis, kesepakatan tentang kemerdekaan akhirnya dicapai. Perjanjian ini meliputi pengakuan Prancis terhadap kedaulatan Gabon dan persiapan untuk memberikan kemerdekaan.
  4. Hari Kemerdekaan: Pada tanggal 17 Agustus 1960, Gabon secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Prancis. Leon M'ba, yang kemudian menjadi presiden pertama Gabon, menyatakan kemerdekaan dalam sebuah pidato yang penting.
  5. Pembentukan Pemerintahan: Setelah meraih kemerdekaan, Gabon memulai proses pembentukan pemerintahan dan institusi nasional. Pemilihan umum digelar dan Leon M'ba terpilih menjadi presiden pertama Gabon.

Itulah informasi terkait negara Gabon yang memiliki kemerdekaan 17 Agustus sama seperti Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru