Ternyata Ini Alasan Anak Milenial Suka Nongkrong di Cafe

Senin, 09 Agustus 2021 | 12:32 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Ternyata Ini Alasan Anak Milenial Suka Nongkrong di Cafe

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - Bisnis coffee shop atau kafe kini semakin menjamur di berbagai daerah, bahkan bukan hanya di wilayah perkotaan saja. Fenomena ini disebabkan kebiasaan generasi milenial yang sangat suka nongkrong.

Budaya tersebut disebabkan oleh orientasi kehidupan dari generasi milenial yang lebih mengarah pada work life balance. Orientasi ini membuat generasi milenial lebih mengejar solidaritas serta kebahagian bersama ketimbang harta semata. Tapi bukan hanya itu saja alasan generasi milenial ternyata suka nongkrong.

 

5 Alasan Generasi Milenial Sering Nongkrong di Cafe

Jika dulu masyarakat lebih mengenal warung kopi, kini istilah yang lebih keren adalah cafe atau coffee shop. Tentu saja kemasannya berbeda dengan warung kopi, cafe lebih modern dengan pengaruh budaya barat.

Apabila ditanya, generasi milenial akan lebih memilih cafe sebagai tempat nongkrong dibandingkan warung kopi. Ada beberapa alasan yang membuat generasi ini begitu suka nongkrong di cafe seperti berikut ini.

  1. Tempat Nyaman Menghilangkan Rasa Bosan

Alasan utama kenapa cafe jadi pilihan tempat nongkrong karena lebih nyaman dan santai dibandingkan restoran atau warung kopi. Restoran terkesan lebih formal and usai makan konsumen akan langsung pulang.

Sedangkan warung kopi lebih terkesan terlalu tradisional. Generasi milenial membutuhkan tempat seperti cafe yang nyaman demi menghilangkan rasa bosan dari kegiatan sehari-hari. Baik itu belajar di kampus atau lelah dengan pekerjaan padat setiap minggunya.

  1. Nongkrong Sudah Menjadi Gaya Hidup agar Eksis

Gaya hidup juga menjadi alasan besar mengapa budaya nongkrong terus dilakukan. Karakter generasi milenial adalah ingin agar eksistensinya terus dihargai secara sosial. Oleh karena itu tidak sedikit yang datang ke cafe untuk benar-benar menikmati sajian kopi atau makanan.

Beberapa hanya ingin tak ketinggalan dari teman atau lingkungan sosialnya. Asalkan bisa mengikuti tren dan dikenal tidak ketinggalan zaman, mereka akan terus sering nongkrong di cafe baru dan terkenal.

  1. Promosi Menarik dari Sosial Media

Kebiasaan nongkrong juga tidak terlepas dari peran besar sosial media. Anak muda milenial merupakan generasi yang mengalami transisi teknologi analog berubah ke digital. Pada masa-masa inilah sosial media begitu banyak digunakan.

Sosial media seperti Instagram mampi menampilkan foto atau video dari berbagai jenis cafe dengan lokasi menarik. Ditambah lagi dengan tampilan menu makanan yang lezat sangat menarik perhatian, bahkan bukan hanya generasi milenial saja.

  1. Tempat Nyaman untuk Nugas dan Kerja

Tak dapat dipungkiri bahwa cafe adalah tempat yang nyaman, tidak terlalu ramai seperti restoran. Ruang yang lega serta fasilitas lengkap membuat cafe jadi tempat paling nyaman bagi mahasiswa mengerjakan tugas, skripsi atau tesis.

Begitu juga dengan menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan dunia kreatif. Sebagian besar generasi milenial yang berjiwa bebas tentu butuh suasana baru dengan bekerja di cafe.

  1. Pilihan Menu yang Lengkap

Cafe adalah tempat nongkrong dengan pilihan menu tidak hanya sebatas dengan kopi dan snack. Cafe-cafe seperti Javabowlofsoul di Amerika bahkan menawarkan menu lengkap dari breakfast dan lunch yang cukup mengenyangkan.

Banyaknya pilihan menu ini tentu membuat kamu yang ingin nugas atau menyelesaikan pekerjaan kantor jadi lebih efisien. Menu yang mengenyangkan akan membuat kamu bisa betah berada di cafe sampai berjam-jam.

Dilihat dari semua alasan ini, kebiasaan nongkrong generasi milenial akan terus bertahan beberapa tahun ke depan. Tentu saja budaya ini akan menguntungkan juga dari sisi bisnis karena permintaan terhadap cafe yang nyaman terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru